PHD Mendewasakan Iman Perempuan Punguan Koor Ina Maria HKBP Resort Haunatas

Tidak cukup mendengarkan Firman Tuhan yang menjadi bekal rohani di ibadah Minggu saja, HKBP telah lama mencanangkan ibadah menambahkan Firman Tuhan kepada kaum perempuan selain hari Minggu yaitu PHD (Patanakhon Hata Ni Debata).


Untuk itu Punguan koor Ina Maria HKBP Resort Haunatas selalu melaksanakan kegiatan PHD yang dilayani Pdt. Heryanto Pakpahan, STh pendeta HKBP Resort Haunatas yang kali ini diadakan di rumah Op. Efaran br. Hutabarat kampung Parpea Haunatas, Selasa (19/4/2022). 

Pdt. Heryanto menyampaikan Firman Tuhan yang menjadi bekal rohani bagi kaum ibu dari 1 Korint 9:24-27 dijelaskan, “Ganup Ina naeng ma marlojong asa dapotan di bohal partondionna. Ingkon martujuan do ganup ngolu ni Ina. Tarida di haringgasonna, di haburjuonna, di habengetonna. Sai lam tamba ma hiras ni roha muna inang. Gabe jamita namangolu ma angka parsaoran dohot ende pujian na dipatubegehon”.


Punguan koor Ina Maria beranggotakan 17 orang merupakan salah satu kumpulan koor kaum perempuan di HKBP Haunatas Ressort Haunatas yang sudah ada sejak tahun 1990 yang saat ini sekitar 32 tahun.

Pdt. Heryanto PM. Pakpahan menjelaskan yang dihubungi lewat Wa-nya, kegiatan PHD merupakan program huria untuk Seksi Parompuan. PHD dilaksanakan satu kali satu bulan. Koor Ina Maria yang bertujuan agar Iman kaum perempuan tumbuh dewasa dan menjalani bulan dekat Tuhan. “Martujuan manogonogu partondion ni angka ina asa solhot tu Debata, jadi ndang holan markoor alai adong bohal ni partondion ima Hata ni Debata”, sebut Pdt. Heryanto Pakpahan.


Lebih lanjut Pdt. Heryanto menjelaskan, biasanya setelah ibadah PHD, kaum ibu mendapat kesempatan bertanya tentang Firman Tuhan yang kurang dimengerti kepada para pendeta, setelah kumpulan Ina melaksanakan Latihan koor.



Pada kesempatan itu Op.Efan br.Hutabarat yang manjabui kegiatan PHD dan tempat Latihan koor merayakan ulang tahun ke-61 dengan memotong kue ulang tahun dan menyalakan lilin ulang tahun dan menyediakan makan bersama.(P.Sam – B'TIK).

Pustaka Digital