Pimpinan HKBP kepada Pelayan di Luar Negeri: Saling Mengasihi, Menguatkan, dan Mendoakan Satu Sama Lain

HKBP dalam melayani jemaatnya tidak hanya berfokus pada jemaat lokal di Indonesia, namun juga pada jemaat yang berada di luar negeri. Dalam memberi pelayanan kepada jemaat di sana, HKBP melalui Biro Oikumene melakukan diskusi dan pertemuan dengan para pelayan HKBP yang melayani di luar negeri serta pelayan yang sedang melakukan tugas belajar (18/10/2021). Diskusi dan pertemuan ini diikuti secara virtual oleh para pelayan yang berada di luar negeri.



Partisipan memperoleh pengayaan melalui diskusi yang diberikan oleh Ompu i Ephorus, Pdt. Dr. Robinson Butarbutar yang mengikuti pertemuan ini secara onsite dari Kantor Pusat HKBP, Pearaja, Tarutung. "Dengan efektifitas komunikasi di zaman sekarang, sebaiknya para pelayan tidak hanya sekedar melaporkan medan pelayanan yang dihadapi, tetapi juga turut membangun keberanian, kekuatan, reformasi, dan saling mendoakan antara satu sama lain," jelas Ephorus.


Turut menghadiri pertemuan, para pimpinan HKBP yakni: Sekretaris Jenderal, Pdt. Dr. Victor Tinambunan, MST dan Kepala Departemen Koinonia, Pdt. Dr. Deonal Sinaga. Kedua pimpinan bergabung dalam pertemuan secara virtual dikarenakan sedang dalam tugas pelayanan di luar wilayah.

Pdt. Sondang Napitupulu sebagai Kepala Biro Oikumene HKBP memoderasi pertemuan dengan memimpin diskusi. Bapak Sekretaris Jenderal memberi masukan kepada pelayan HKBP yang bertugas di luar negeri untuk memperkaya diri dengan kesediaan learning from each other. Hendaklah para pelayan memiliki kesatuan hati dalam melayani dengan komitmen yang teguh. Tidak mengharapkan imbalan dan melayani dengan sepenuh hati.


Kepala Departemen Koinonia, Pdt. Dr. Deonal Sinaga mengucapkan terima kasih kepada para pelayan yang telah berupaya keras mengharumkan nama HKBP, bukan dari segi jumlah, tetapi melalui pelayanan penuh waktu yang bertanggung jawab, serta telah turut menjadi berkat bagi dunia melalui gereja HKBP. "Seandainya ada kesusahan dan pergumulan yang dialami para pelayan di luar negeri, bersedialah untuk menyampaikan pergumulan kepada para pimpinan dan pelayan yang berada di dalam negeri agar dapat saling membantu dan mendoakan," terang beliau.


"Tidak ada yang lebih baik bagi pelayan selain saling menguatkan dan berbagi dalam proses pelayanannya," jelas Wakil Kepala Biro Oikumene HKBP, Pdt. Tumpal Sitio, sebelum membuka sesi diskusi 2 arah. (B-TIK)





Pustaka Digital