"Dibahen i, ndang marnaloja hami; ai lam tu burukna pe hajolmaonnami parduru i, anggo parbagasan i ariari do dipaimbaru.

Sebab itu kami tidak tawar hati, tetapi meskipun manusia lahiriah kami semakin merosot, namun manusia batiniah kami dibaharui dari sehari ke sehari."

2 Korint 4:16

Pos Parmingguon HKBP Tanjung Uncang Menjadi Jemaat ke 51 di HKBP Distrik XX Kepri

Praeses HKBP Distrik XX Kepri, Pdt. Renova Johnny Sitorus, S. Th meresmikan Pos Parmingguon HKBP Tanjung Uncang Resort Mahanaim menjadi jemaat penuh dengan Surat Keputusan Ephorus HKBP No: 1945/L04/XII/2021. HKBP Tanjung Uncang menjadi jemaat ke 51 di HKBP Distrik XX Kepri, terhitung mulai hari Minggu (5/12/2021).





Ibadah peresmian dilayani oleh Pdt. Sudiharry Manalu sebagai liturgis, Pdt. Renova Johnny Sitorus sebagai pengkhotbah, St. D. Sitinjak pembaca warta jemaat, serta Pdt. Jhonni Sirait membacakan SK dan Aturan Peraturan HKBP Tahun 2002 setelah Amandemen ke Tiga.

Dalam khotbah Lukas 3:1-6: Bertobatlah, Persiapkan Jalan Bagi Tuhan, Praeses mengawali khotbah dengan bertanya, mengapa kita harus bertobat? Jawabannya tentu karena hidup kita sudah tidak selaras dengan kehendak Tuha. Ketika hidup kita tidak beres, maka kita akan jauh dari kasih dan anugerah Tuhan.

Minggu Advent saat ini mengingatkan kita untuk bertobat, karena hanya dengan pertobatan kita boleh menyambut kasih Tuhan. Karena itu, tinggalkan dan tanggalkan apa saja yang tidak berkenan di hadapan Tuhan, baik dosa kejahatan, serta ketidakadilan; karena Tuhan merindukan hidup yang benar bagi seluruh umat manusia agar manusia masuk dalam lingkup kerajaan Allah untuk beroleh keselamatan. Rindu keselamatan dari Tuhan, bereskan hati dan hidupmu.



Sejarah awal peribadahan di Pos Parmingguon HKBP Tanjung Uncang dimulai pada tahun 2014, dan dipimpin oleh Pdt. Guntur Simanjuntak, M. Th. Lokasi pos parmingguon ini terletak di sekitaran daerah Tanjung Uncang, dan ibadah dilakukan diruli daerah simpang Glori. Saat ini jemaat Tanjung Uncang sudah melayani 135 KK, 500 jiwa yang berdomisili di Tanjung Uncang dan sekitarnya. HKBP Tanjung Uncang dilayani oleh Cal. Pdt. Martin Pakpahan, M. Si dan dipimpin oleh Pdt. Sudiharry Manalu, S. Th, MM, Pendeta HKBP Resort Mahanaim.

Menurut Pendeta Sudiharry Manalu, HKBP Tanjung Uncang yang baru diresmikan menjadi jemaat penuh, masih tetap mendapat perhatian dari Resort dalam hal dana, sampai pada waktunya HKBP Tanjung Uncang dapat benar-benar mengalami kemandirian dalam bidang dana.

Seusai Ibadah, acara dilanjutkan dengan tortor sukacita, menyematkan ulos kepada jemaat dan parhalado. Secara khusus, ulos disematkan kepada beberapa jemaat yang merindukan berkat Tuhan dalam keluarga yang sudah lama merindukan anak. Sebelum ulos disematkan, Praeses membawa keluarga dalam doa permohonan kepada Tuhan agar Tuhan meneguhkan iman setiap jemaat yang selalu meminta kepada-Nya. (Pdt.Jhonni. S/ P.S – B’TIK).



Pustaka Digital