"Molo ingkon mamujimuji ahu, angka hagaleonki ma hupapujipuji.

Jika aku harus bermegah, maka aku akan bermegah atas kelemahanku."

2 Korint. 11:30

Praeses Pdt Suwandi Sinambela Resmikan HKBP Sion Nauli

MEDAN LABUHAN – HKBP Sion Nauli resmi menjadi Jemaat Penuh (Huria na Gok) setelah melewati fase Persiapan Jemaat pada Minggu (12/9/2021) oleh Praeses HKBP Distrik XXXI Medan Utara Pdt Suwandi Sinambela STh MPsi. Gereja yang berlokasi di Perumnas Griya Martubung III, Kecamatan Medan Labuhan, ini mulai meniti pelayanannya kepada warga jemaat pada 2015 yang lalu. Pada saat itu, warga jemaat berdoa dan membulatkan tekadnya untuk bersama-sama meminta pelayanan yang dikoordinasi oleh HKBP Resort Medan Martubung.


Sebelum ibadah diawali dengan prosesi yang berangkat dari rumah Sintua Simanjuntak. Praeses Suwandi Sinambela bersama dengan ibu Br Nababan menerima pengalungan bunga dan pemberian bunga pangku. Selang beberapa saat saja, Praeses Suwandi Sinambela didampingi oleh Pendeta HKBP Resort Medan Martubung Pdt Krimson Simamora STh dan Pimpinan Jemaat HKBP Sion Nauli Pdt Nimrot Sinaga bersama membuka selubung papan nama gereja yang berada di samping gereja. Terdengar tepuk tangan riuh warga jemaat.

Tidak lama berselang lagi, Praeses diminta oleh panitia untuk menandatangani Prasasati Peresmian Huria na Gok dan ibu Br Nababan melakukan pengguntingan pita. Praeses membuka pintu gereja seraya diikuti panitia dan warga jemaat memasuki gedung gereja. Dengan memperhatikan protokol kesehatan warga jemaat duduk berjarak dan bermasker.


Didasarkan pada Kitab Injil Markus 8: 32-38, Praeses memberitakan firman Tuhan di hadapan seluruh warga jemaat. Praeses dalam khotbahnya meminta warga jemaat untuk setia mengikut kepada Tuhan Yesus dengan melakukan tiga hal: menyangkal diri, memikul salib dan mengikut Yesus. Ia menjabarkan isi ketiga hal tersebut.

Anggota Majelis Pekerja Sinode Distrik Pdt Gerhard P Sihombing MTh membacakan Surat Keputusan Ephorus dengan No.1486/L04/IX/2021 di hadapan seluruh majelis jemaat yang berdiri menghadap langgatan dan juga kepada seluruh warga jemaat yang duduk di bangku masing-masing.

Praeses juga melantik Pdt Nimrot Sinaga yang didampingi ibu Br Manurung sebagai pimpinan jemaat. Sebelumnya, Pdt Nimrot Sinaga tiba di HKBP Persiapan Sion Nauli pada 2020 sebagai calon pendeta.


Seusai ibadah, warga jemaat dan tamu undangan diminta menuju tempat pesta yang berada di halaman gereja yang luas. Satu per satu lelang ditawarkan hingga tamu undangan dan warga jemaat turut berpartisipasi dalam membantu HKBP Sion Nauli untuk melakukan penggalangan dana melalui lelang tersebut. Setiap gereja tetangga dan perwakilannya yang hadir diminta untuk marnortor sebagai tanda turut mendukung.


Gereja yang memiliki 131 KK dengan 498 jiwa ini dilayani oleh 19 sintua dan pimpinan jemaat Pdt Nimrot Sinaga. Hingga saat ini HKBP Sion Nauli berada di bawah koordinasi pelayanan HKBP Resort Medan Martubung yang dipimpin dan dilayani oleh Pdt Krimson Simamora. 


Turut hadir dalam acara tersebut Anggota MPSD Pdt Gerhard P Sihombing MTh, Staf Distrik Ibu Br Limbong, Pendeta HKBP Resort Medan Martubung Pdt Krimson Simamora STh dan ibu Br Siahaan, Pdt (Em) Butarbutar, Pdt Daniel Libertson Manalu.

Juga tamu undangan hadir Tokoh Gereja, Masyarakat dan sekaligus Anggota Majelis Pekerja Sinode HKBP Pusat Sabam P Manalu SE PhD, Anggota DPRD Medan Janses Simbolon, dan tamu undangan lainnya.


Koresponden Distrik Medan Utara: Pdt. Suwandi Sinambela STh MPSi dan Pdt Daniel Libertson Manalu

Pustaka Digital