Praeses Suwandi Sinambela Mangojakhon Bvr Rumanti Hutagaol di GKJ Kampung Kolam

MEDAN PERJUANGAN – Minggu Paskah I menjadi sejarah bagi pelayanan Gereja Kristen Jawa (GKJ) Kampung Kolam Resort Saroha Distrik XXXI Medan Utara. Praeses Pdt Suwandi Sinambela STh MPsi mangojakhon (melantik) Bibelvrouw (Bvr) Rumanti Hutagaol menjadi pimpinan jemaat di GKJ Kampung Kolam pada Minggu (4/4/2021) kemarin.

Dalam khotbahnya yang didasarkan pada Injil Markus 16: 9-18, Praeses Suwandi menekankan kebangkitan Yesus Kristus merupakan tonggak sejarah pelayanan Kekristenan di dunia, sebab itulah kuasa kebangkitan Yesus. Semua murid-murid Yesus mendapatkan kekuatan baru dalam memberitakan Injil diawali dengan kebangkitan-Nya yang membuktikan Ia menang dari maut.

Serupa dengan pelantikan pimpinan jemaat yang baru, Bvr Rumanti Hutagaol menggantikan Sintua (penatua) Sumarly, Praeses mengatakan, ini juga menjadi satu tonggak sejarah pelayanan di dalam gereja GKJ Kampung Kolam. “Ada kekuatan baru dari Tuhan untuk meneruskan pelayanan GKJ Kampung Kolam di tengah pandemi dan zaman ini,” tutur Praeses Suwandi.

Ada yang unik dari pelantikan-pelantikan yang biasanya terjadi. Pada momen ini, Praeses Suwandi berkontekstual dengan keadaan sosial gereja, sehingga mengenakan blangkon/belangkon pada saat melantik Bvr Rumanti Hutagaol. Blangkon merupakan tutup kepala yang terbuat dari kain batik tradisional Jawa yang biasanya digunakan oleh laki-laki sebagai aksesoris pakaian adat tradisional Jawa.


Praeses Suwandi juga berterima kasih kepada Sintua Sumarly atas pelayanan dan kerja kerasnya bagi gereja GKJ Kampung Kolam. Estafet kepemimpinan itu akan dilanjutkan kepada Bvr Rumanti Hutagaol dan tentunya pelayanna itu akan berjalan dengan baik dan meningkat Ketika didukung oleh kerja sama pelayanan yang baik dari seluruh majelis jemaat (parhalado).

Warga jemaat dengan hangat menyambut kedatangan Bvr Rumanti Hutagaol sebagai seorang pelayan yang langsung di SK-kan dari Kantor Pusat HKBP. Banyak dari warga jemaat, khususnya kaum ibu yang memberikan ungkapan sukacita melalui senyum yang merekah.

Seusai ibadah, dilakukan Bakti Paskah yang diadakan oleh Keluarga Pdt Suwandi Sinambela dan Ibu Br Nababan. Kemudian, dilanjutkan dengan ramah tamah. Praeses Suwandi memberikan penjelasan mengenai Orientasi Pelayanan HKBP 2021, yaitu Tahun Pemberdayaan, serta fokus pelayanan kepada Dana Pensiun HKBP.

Sejarah GKJ Kampung Kolam beribadah pertama pada 20 Mei 1968. Gereja ini mengadakan Yubileum pelayanan gereja yang ke-50 tahun pada 20 Mei 2018 oleh Praeses Pdt Sunggul Sirait, STh MM ketika berada di wilayah pelayanan HKBP Distrik X Medan-Aceh.

Saat ini jumlah jemaat ada 82 Kepala Keluarga dengan 75 persen suku Jawa, 25 persen Batak Toba, Karo, dan lainnya. Wilayah pelayanan GKJ Kampung Kolam ada tiga sektor. Banyak jemaat berharap, kedatangan Bvr Rumanti Hutagaol dapat melayani warga jemaat dengan baik secara spiritualitas.

Dalam sejarah perjalanan pelayanan GKJ Kampung Kolam pernah dikunjungi Ephorus Pdt Dr PWT Simanjuntak pada 1997. GKJ Kampung Kolam merupakan salah satu pagaran jemaat dari HKBP Saroha sebagai resort.

comments