Rapat Koordinasi Staff dan Pegawai Departemen Koinonia

            Rapat Koordinasi Staff dan Pegawai di bawah naungan Departemen Koinonia

Oleh : Pdt Chris Desina Sianturi


Senin (18/1/21), Kepala Departemen Koinonia HKBP, Pdt Dr Deonal Sinaga mengadakan rapat koordinasi di bawah naungan Kantor Departemen Koinonia. Rapat koordinasi pada hari ini merupakan rapat koordinasi pertama setelah terpilihnya Pdt Dr Deonal Sinaga sebagai Kepala Departemen Koinonia HKBP Periode 2020-2024. Namun, sebelumnya Kadep Koinonia HKBP sudah pernah melaksanakan rapat koordinasi kepada seluruh Kepala Biro di bawah naungan Departemen Koinonia (11/01). Rapat koordinasi ini dimulai pukul 10.00 WIB sampai pukul 11.00 WIB yang dipimpin oleh Kepala Departemen Koinonia HKBP.

Rapat dimulai dengan bernyanyi dan berdoa yang dipimpin oleh Pdt Chris Desina Sianturi. Pada rapat pertama ini, Kadep Koinonia memperkenalkan dirinya dan juga meminta setiap peserta rapat yang datang untuk memperkenalkan dirinya amsing-masing dan bekerja di biro bagian mana di Departemen Koinonia.

Kadep Koinonia HKBP mensosialisasikan rapat keputusan di Rapat Praeses sebagai acuan memahami pelayanan yang lebih baik lagi. Kadep Koinonia menjelaskan visi HKBP adalah menjadi berkat di dunia harus semakin terwujud dalam sikap transformatif para pelayan dan staff yang melayani di bawah naungan Departemen Koinonia. Para staff dan pegawai harus mampu bertransformasi untuk menciptakan visi HKBP di dalam pekerjaannya. Hal ini berkaitan dengan apa yang dikatakan oleh Martin Luther, “Gereja yang bertumbuh harus terus memperbaharui diri”. Dengan begitu, sebagai gereja yang bertumbuh, HKBP, harus terus memperbaharui diri. Begitu pula dengan setiap diri para staff dan pegawai, seseorang yang mau bertumbuh harus terus memperbaharui diri. Inilah saatnya Departemen Koinonia semakin meningkatkan pelayanannya untuk menjadi lebih baik lagi. Kadep Koinonia juga berharap bahwa setiap orang yang bekerja atau melayani di Departemen Koinonia mampu mengubah performance berorganisasinya. Hal ini adalah pusat pelayanan Transformatif para Pimpinan HKBP pada tahun ini. Hal tersebut sudah mulai dilakukan dengan melaksanakan pembekalan kepada para Praeses yang dilaksanakan dari 11 Januari 2020 – 16 Januari 2020 di Gedung Raja Pontas. Dengan begitu, HKBP sangat diharapkan dapat disegani dan dicintai oleh orang-orang karena pelayanannya yang semakin berdampak bagi sekitarnya.

Kadep Koinonia juga menyampaikan bahwa berdasarkan rapat Praeses, adapun seperti “Mission Statement” untuk dilakukan bersama yang merupakan rangkuman Misi HKBP adalah “Menjadikan Murid Kristus Pelaku FirmanNya”. Kadep Koinonia mengharapkan bahwa seluruh staff dan pegawai dapat menghapal mission statement ini agar berakar, bertumbuh dan berdampak bagi orang-orang sekitar. Hal tersebut bisa dilakukan dengan hal kecil dimulai dari sendiri. Refleksi yang paling pertama yang bisa dilakukan adalah “berguna bagi orang lain”, dengan saling mendokana setiap pagi antar sesama di bawah naungan Departemen Koinonia. Kadep Koinonia mengharapkan bahwa seluruh para staff dan pegawai setiap pagi saling mendoakan temannya di kantor dan secara luas lagi di bawah naungan Departemen Koinonia. Dengan begit, Kadep Koinonia mengatakan bahwa kita sudah berkontribusi untuk berguna bagi orang lain.

Dalam menutup rapat ini, Kadep Koinonia menyampaikan bahwa dalam waktu dekat akan melaksanakan kembali Rapat Koordinasi per biro di bawah naungan Departemen Koinonia. Selanjutnya akan diinformasikan kembali.

Rapat ini ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Pdt Jahor Purba.



comments