RAPAT KPSDP HKBP DIHADIRI PIMPINAN HKBP

Komisi Pengembangan Sumber Daya Pelayan (KPSDP) HKBP mengadakan rapat yang dihadiri Pimpinan HKBP diantaranya Ompu i Ephorus HKBP Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing, Sekretaris Jenderal HKBP Pdt. David Farel Sibuea, M.Th, D.Min, Kepala Departemen Marturia HKBP Pdt. Dr. Anna V. Pangaribuan, dan Kepala Departemen Diakonia HKBP Pdt. Debora P. Sinaga, M.Th pada Rabu (24/4/2019). Rapat berlangsung sejak Pkl. 14.30 Wib bertempat di ruang Oval Kantor Pusat HKBP.

Rapat ini diawali dengan Nyanyian dan doa pembuka oleh Diak. Arita br. Simbolon, kemudian dilanjut dengan pembuka oleh Ketua KPSDP Pdt. Horas YM Purba, M.Th yang dilanjut dengan diawali oleh arahan dari Ompu i Ephorus HKBP yang mengajak KPSDP untuk melaksanakan tugas dengan maksimal, memikirkan dan memberikan usulan langkah – langkah strategis untuk pengembangan pelayanan demikian khususnya Sumber Daya Pelayan HKBP, kata Ompu i Ephorus.

Selain menyoroti tentang rekrutmen pelayan, Ompu i Ephorus juga menjelaskan tentang pengadaan pembinaan serta perencanaan dan pengembangan kepada para pelayan di jemaat, kantor, termasuk yang mengalami masalah sehingga diperlukan adanya pembinaan kembali, memikirkan masalah tentang mutasi, juga termasuk persiapan dini dan berkesinambungan tentang calon pelayan HKBP. Bagaimana upaya untuk memberikan perhatian serius tentang pelayan HKBP termasuk Calon Pelayan HKBP dan yang menjadi Tutor Calon Pelayan. Bukan sematamata hanya untuk persoalan menambah tenaga saja, bukan dikarenakan kepentingan kantor pusat, tetapi berfokus kepada kebutuhan jemaat.

Ada banyak jemaat yang meminta calon pelayan hanya dikarenakan menyangkut biaya yang relatif muah/sedikit, bahkan ada yang meminta calon pelayan hanya untuk supaya para pelayan penuh waktu menjadi santai, padahal yang prioritas adalah pembinaan calon pelayan itu sendiri. Sudah saatnya benar – benar diperhatikan secara proporsional dengan mempertimbangan kebutuhan pelayanan di tengah – tengah jemaat tentang calon pelayan dan pelayan penuh waktu lainnya, kata Ephorus. Demikian juga harapan Sekretaris Jenderal HKBP dan Kepala Departemen Marturia, agar benar – benar dipertimbangkan tentang perpindahan pelayan demikian juga dengan kondisi di masing – masing unit pelayanan termasuk dengan Biro Zending HKBP.

Acara dilanjut dengan masing – masing memberikan tanggapan serta pemikiran mengenai topik – topik pembicaraan sebagaimana yang telah diaturkan di buku panduan. Turut juga hadir, beberapa staff Kantor Pusat HKBP termasuk yang bertugas sebagai Notulis rapat. Usai Pimpinan HKBP memberikan arahan, KPSDP akan melanjutkan rapat hingga 2 hari ke depan. (APS)

comments

Leave a Reply