Rapat MPS: Bersama Laksanakan Budaya Baru, Pemilihan Komisioner dan Dewan Pengawas BPSK Serta Tim Transformasi

Rapat Majelis Pekerja Sinode (MPS) HKBP berlangsung pada 13-15 Februari 2023 di Gedung Raja Pontas Lumbantobing. Ompu i Ephorus, Pdt. Dr. Robinson Butarbutar  memimpin Rapat didampingi pimpinan lain, Sekretaris Jenderal, Pdt. Dr. Victor Tinambunan, MST, Kepala Departemen Koinonia, Pdt. Dr. Deonal Sinaga, Kepala Departemen Marturia, Pdt. Daniel Taruli Asi Harahap, M.Th dan Kepala Departemen Diakonia, Pdt. Debora Purada Sinaga, M.Th.


Rapat dimulai dengan ibadah yang dilayankan Pdt. Dr. Pison Sinambela. Setelahnya, Ompu i memimpin Orientasi dan penetapan jadwal yang dilanjutkan dengan penyampaian informasi pelayanan pimpinan dan pokok-pokok yang akan dibahas oleh anggota MPS.


Peserta sangat mengapresiasi pelaksanaan pelayanan pimpinan selama Tahun Kesehatian 2022. Banyak kemajuan yang telah dilaksanakan oleh pimpinan HKBP dan pelayanan di semua aras. HKBP dapat menyelesaikan hutang Dana Pensiun sebesar 144,7 miliar  rupiah tahun 2022 lalu dan melaksanakan go live sentralisasi keuangan per 1 Januari 2023.


Banyak masukan yang diberikan anggota MPS terhadap pokok-pokok bahasan sidang yang menghasilkan keputusan-keputusan strategis, khususnya mengenai keberhasilan Sentralisasi keuangan HKBP.

St. Albert  Simanjuntak selaku Ketua Tim Sinkronisasi Sentralisasi Keuangan memaparkan untuk mencapai target dan tujuan daripada organisasi,  semua elemen harus siap melaksanakan "budaya baru." Menanggapi ucapan St. Albert, Kepala Departemen Marturia menerjemahkan "budaya baru" itu sebagai kejujuran, keterbukaan, transformasi digita, keputusan atau kebijakan berbasis data dan menekankan agar segera diaplikasikan oleh seluruh pelayan HKBP.


Rapat MPS juga memilih Komisioner Badan Pengelola Sentralisasi Keuangan (BPSK) yaitu; St. Dr. Ir. Martuama  Saragi, MM. CSFA sebagai ketua, St. Muara Lysta Sirait, S.Si, M.B.A, CRMP, QCRO sebagai Sekretaris dan tiga orang anggota yakni, St. Hotman Nainggolan,S.E.,MBA., M.H,  Piktor Simatupang SE,  St. Ir. Todo Parulian Panggabean, MM. 


Sesuai dengan keputusan Sinode Godang ke-66, Dewan Pengawas BPSK terdiri dari Lima Pimpinan HKBP, tiga orang dari unsur Praeses dan dua orang penatua dari anggota MPS. MPS menyetujui dewan pengawas dari unsur Praeses  dan MPS yang diusulkan Ompu i Ephorus, yaitu Praeses HKBP Distrik VIII DKI Jakarta, Pdt. Bernard Manik, M.Th, Praeses HKBP Distrik X Medan Aceh, Pdt. Henri Napitupulu, M.Th, Praeses HKBP Distrik III Humbang, Pdt. Daminna Lumbansiantar, S.Th dan dari anggota MPS yaitu St. Nelson Siahaan dari Distrik II Silindung dan St. Josua Hutauruk dari Distrik XXII Riau.


MPS juga menyetujui Tim Transformasi yang disampaikan Ompu i Ephorus yaitu St. Albert Simanjuntak dan Elisa Lumbantoruan. 

Rapat MPS berlangsung dengan baik dan lancar yang diakhiri dengan ibadah penutupan (B.TIK)

Pustaka Digital