"Martua ma sibahen dame, ai goaron do nasida anak ni Debata!

Berbahagialah orang yang membawa damai, karena mereka akan disebut anak-anak Allah."

Mateus 5:9

Rapat MPS HKBP Berlangsung Virtual

Kedua kalinya di tahun 2021, Rapat MPS HKBP berlangsung  virtual, karena pandemi Covid-19  yang hingga sekarang belum berakhir. Sekalipun berlangsung virtual, peserta rapat sangat antusias memberikan usulan-usulan dan merespon pemaparan yang disampaikan pimpinan sidang, Ompu i Ephorus, Pdt  Dr. Robinson Butarbutar.

Ephorus didampingi Sekretaris Jenderal, Pdt. Dr. Victor Tinambunan, MST, Kepala Departemen Koinonia, Pdt. Dr. Deonal Sinaga dan Kepala Departemen Diakonia, Pdt. Debora Sinaga, M.Th memimpin sidang dari Gedung Raja Pontas Lumbantobing, Pearaja, Tarutung pada  Senin - Selasa (11-12/10/2021). Peserta mengikuti dari tempat masing-masing.



Mengawali rapat, Ephorus sampaikan: sekalipun gereja dan bangsa kita menghadapi kesulitan akibat pandemi Covid-19, namun Tuhan menyertai dan memampukan gerejaNya melakukan pelayanan. Gereja kita sangat terbantu dengan hadirnya teknologi digital. Banyak pertemuan dan pemberdayaan transformatif di tingkat Distrik dan Pusat dilakukan secara online atau semi virtual. Selama PPKM di Pulau Jawa, Pulau Bali dan di daerah-daerah lain pelaksanaan ibadah pun berlangsung secara virtual.



Ephorus memberitahukan kepada peserta bahwa dana untuk pelunasan Dana Pensiun HKBP hingga saat ini telah terkumpul Rp. 95,6 miliar. Telah banyak resort menyetorkan dana ke pusat melalui virtual account. Sistem ini memperlihatkan kinerja  keuangan HKBP  yang transparan dan akuntabel.

Dalam rangka menuju tahun kesehatian di tahun 2022, Ephorus memberi pemahaman kepada peserta bahwa kegiatan pemberdayaan yang dilakukan menggerakkan warga dan pelayan HKBP menjadi masyarakat yang transformatif, inovatif dan kreatif. Maka tahun kesehatian (hasadaon ni roha), merupakan lanjutan dari tahun pemberdayaan.

Setiap warga dan pelayan HKBP diharapkan melakukan pelayanannya didasari kesehatian bersama agar dapat terwujud transformasi yang selama ini dirindukan, yakni visi HKBP: menjadi berkat bagi dunia. Ada beberapa agenda besar yang akan dilakukan HKBP pada tahun mendatang, antara lain sentralisasi keuangan dan Sinode Godang HKBP.  "Baiklah rapat ini kita laksanakan dalam suasana hati yang damai dan penuh suka cita," ajak Ephorus pada peserta rapat. (B-TIK)



Pustaka Digital