Rapat Tim Renstra HKBP Dengan Ephorus Menggunakan Zoom

Jumat (24/4) pukul 14.00 wib sampai dengan pukul 18.00 wib, berlangsung rapat Tim Renstra HKBP dengan Ompui Ephorus melalui Aplikasi Zoom yang difasilitasi oleh Biro Informasi HKBP. "Saya sangat terkesan dengan perhatian yang diberikan oleh Ompui Ephorus Pdt. Dr. Darwin Lumbatobing yang dalam setiap pertemuan Ompui Ephorus yang langsung menjadi pengundang, artinya RENSTRA HKBP benar-benar merupakan hal yang penting untuk diestafetkan kepada penerus beliau berikutnya, demikain disampaikan Ketua Tim Renstra Dr Jupiter Sitorus Pane MSc usai rapat tim Renstra.


Pertemuan kali ini adalah pertemuan yang keempat untuk meningkatkan status prakonsep RENSTRA dari revisi 0 menjadi Revisi 1. Ada sebanyak 38 butir-butir penting yang dibahas dalam pertemuan ini dan selama pertemuan ini ditambah 3 masukan butir baru disamping penajaman-penajaman terhadap 38 butir penting sebelumnya. Beberapa butir pembahasan yang dimaksud meliputi penyelarasan dokumen Teologia HKBP, Konsep Anak Allah, Pemberita Kebenaran dan Berbuah Lebat, pelatihan bagi Pelayan, pelatihan secara berjenjang bagi pejabat struktural, jenjang karier fungsional, peningkatan dan pengembangan Lembaga Pendidikan, Lembaga Kesehatan, Lembaga Diakonia Sosial ke Distrik-Distrik, keterlibatan professional Bidang Ekonomi, Lingkungan Hidup, Teknologi, pemberdayaan perempuan dan anak, penyiapan tenaga kerja di dalam dan luar negri,  penyiapan SDM generasi milenial memasuki Indonesia Emas, peran HKBP dalam Budaya Batak, peran HKBP dalam pengembangan Danau Toba, modernisasi penata layanan HKBP di era digital serta  antisipasi pemindahan Ibukota.


Pembahasan tentang Keuangan Kantor Pusat cukup memberi sinyal yang kuat untuk dapat diberi perhatian khusus baik dari segi jumlah maupun waktu pengirimannya. Disisi lain, banyak pihak beranggapan bahwa RENSTRA dalam prakteknya tidak banyak dipakai, namum Tim berpendapat hal ini bisa terjadi karena selama ini belum ada atau belum termanfaatkannya Biro Perencanaan dengan optimal. Dalam periode kepemimpinan sekarang, Ompui Ephorus sangat meletakkan arti pentingnya sebuah perencanaan dengan membentuk Biro Perencanaan di HKBP dan mengawal dari dekat penyusunan RENSTRA HKBP. Ompui Ephorus juga mendorong kerjasama yang erat antara Biro Perencanaan, Biro Informasi dan Balitbang HKBP dalam mengawal penyusunan RENSTRA HKBP 2020-2024, yang anggotanya kebanyakan dari Jemaat HKBP yang mau memberi perhatian terhadap kemajuan HKBP. Semoga HKBP terus berupaya dapat menjalankan Visinya yaitu menjadi berkat bagi dunia. Salam HKBP. (JSP)

comments

Leave a Reply