REMAPPING: HKBP CENTER-BORNEO


Senin (2/3), Balikpapan, Pembangunan HKBP CENTER Distrik XXVII Borneo dimulai pada 15 Agustus 2014. Seiring perkembangan zaman, awalnya HKBP Centerr ini memiliki satu lahan yang cukup luas seluas 1 Ha. Sampai hari ini, HKBP Center sudah mempunyai lahan seluas 3 Ha. HKBP Center ini akan dikembangkan menjadi salah satu pusat kegiatan HKBP di Kalimatan ini dengan tujuan penguatan dan pembinaan persekutuan dan spiritual.

HKBP Center ini digagas oleh bapak Praeses HKBP Distrik XXVII, Pdt. Banner Siburian pada masa itu. Pembinaan ditingkat distrik memang sudah sangat perlu yang dirangkai dengan beberapa kegiatan di alam. Jangkauan ke luar Kalimantan ini, tentunya harus menghabiskan dana yang lumayan besar. Diakhir tahun 2019 lalu, Pemerintah menetapkan bahwa Kalimantan Timur menjadi titik yang akan dijadikan Ibu Kota Negara (IKN).

Melihat kondisi tersebut, HKBP memulai dengan kegiatan REMAPPING PELAYANAN HKBP di Kalimantan ini. Salah satu, sasaran dari remapping tersebut adalah pengembangan akan Distrik Center HKBP Distrik XXVII Borneo. Untuk itulah, Ibu Kepala Departemen Marturia, Pdt. Dr. Anna Ch Vera Pangarbuan, bapak Praeses HKBP, Pdt. Mangatur Manurung, Pdt. Horas Purba, Pdt. Kacon Nababan, Pdt. Hantus Hutapea, Pdt. Same Siahaan, Pdt. Abednego Sitompul, Ketua Sekolah Pendeta, Pdt. Robert Silitonga, para pendeta resort, pelayan penuh waktu, para panitia dan seluruh rombongan turut mengikuti kunjungan ke lokasi HKBP Distrik Center dan pos pelayanan di Samboja.


Kunjungan pertama, rombongan menuju HKBP Distrik Center. Lahan yang diperhatikan oleh panitia, bapak Pasaribu selaku ketua panitia HKBP Center ini selalu memikirkan akan pengembangan yang strategis kedepannya, secara khusus dalam persiapan IKN di Kalimantan Timur ini. Ibu Kadep Marturia menyampaikan bahwa “kita harus mempersiapkan yang terbaik untuk HKBP dan dunia. Bagaimana kita mengupayakan HKBP Center ini menjadi pusat perhatian nasional dan internasional. Inilah refleksi kita yang hadir pada saat ini, ditempat ini”, tutur ibu kadep.

Seusai memberikan arahan dan bimbingan, ibu kadep dan rombongan menanam pohon buah disekitar kawasan tanah HKBP Center. Pohon buah ditanam dengan beralaskan doa dan harapan kedepannya akan pengembangan HKBP Center ini. Satu persatu pohon ditanah dan disiram dengan baik. Kiranya ini menjadi kelanjutan yang selalu dipupuk untuk pengembangan dihari-hari berikutnya. Terima kasih buat panitia dan juga seluruh pelayan penuh waktu, pahalado secara khusus Praeses HKBP Distrik XXVII Borneo yang tetap semangat memikirkan pengembanagan HKBP Center ini. Kiranya Tuhan memberikan kekuatan kepada panitia dan seluruh stackholder dalam pengembangan HKBP Center ini.



comments

Leave a Reply

Pustaka Digital