Renungan Harian HKBP | 19 Juni 2024

Syalom Selamat pagi bapak / ibu dan saudara / i yang terkasih di dalam namaTuhan YesusKristus. Marilah kita mempersiapkan diri untuk mendengarkanFirman Tuhan dengan bersaatteduh sejenak.

Doa Pembuka:Terimakasihya Tuhan Yesus atas segala kasihMu kepadakami yang selalu menyertai kami di dalam kehidupan. Kini kami datang Tuhan ke hadapanMu untuk memujiMu dengan nyanyian dan dengan mendengarkan firmanMu. Terimakasih juga Tuhan Engkau mengingatkan kami untuk selalu setia kepadaMu sebab Engkaulah Allah yg memenangkan kemenangan atas dosa dan kematian. Amin. 

Nats renungan kita hari ini,Rabu 19 Juni 2024 adalah Wahyu 21:6FirmanNya lagi kepadaku; semuanya telah terjadi. Aku adalah Alfa dan Omega, yang Awal dan yang Akhir. Orang yg haus akan Kuberi minum dengan cuma-cuma dari mata air kehidupan.

Saudara saudara yang terkasih didalam nama Tuhan Yesus Kristus, pernahkah kita memikirkan apa yang telah kita lalui selama ini dan apa yang mungkin akan terjadi dimasa depan, saat kita memikirkan semuanya itu kita merefleksikan berbagai hal yang telah membuat kita merasa bahagia selama ini

dan hal apa saja yang pernah kita sesali. Pertanyaan-pertanyaan ini merupakanbagian dari perjalanan hidup manusia dari awal sampai akhir kehidupan. Kitab Yoh  1 : 1, Pada mulanya adalah firman, firman itu bersama samadengan Allah dan firman itu adalah Allah, yang jelas bahwa Allah menjadi pusat terpenting permulaan hidup kita sebagai manusia ciptaanNya melaluikebenaran firman yang telah kita baca dalam kitab wahyu ini mau mengarahkan kita bahwa Tuhan adalah satu satunya sumber kehidupan manusia sehingga kita harus memulai dan mengakhiri segala sesuatu dengan berdasar dan bersama-sama dengan Dia. Dia akan memimpin dan membimbing serta mengkoreksi kehidupan kita. Banyak orang mengatakan bahwa saya adalah orangkristen tetapi gagal untuk hidup sesuai dengan firman Tuhan. Banyak yang bertanya- tanya mengapa saya tidak memiliki sukacita, damai sejahtera, kasihpadahal saya orang kristen. Banyak dari kita yang tidak menyadari bahwamenjadi orang kristen tidak hanya sebatas KTP dan tidak hanya sebatas hitamdi atas putih tetapi menjadi orang kristen artinya kita harus menjalani hidupsepenuhnya bersama Tuhan dan melakukan apa yg dikehendakiNya. Awal yang baru akan memberi kita harapan, kegembiraan tetapi juga tidakkepastian misanya seorang itu baru saja selesai studi mendapat pekerjaan, menikah, tentu memiliki kebahagiaan spesial mereka karena akan memulai yangbaru. Memulai sesuatu tahap baru dalam hidup akan memberikan semangat yang lebih.

Renungan firman Tuhan ini memberi harapan kepada kita ketikamenghadapiakhir sebagai masa penting dari kehidupan. Bahkan ketika kitaharus hadapi akhir yang tidak kita rencanakan akhir yang mengecewakan bahwa Tuhan akan selalu memiliki rencana yang lebih baik dalam hidup kita. Dia akan membuka jalan kita menuju satu atau ragam tujuan yg baru jangan kehilanganharapan menghadapi akhir dan awal baru karena ketika kita memilikikemampuan kita dan keyakinan pada diri sendiri selalu memfokuskan kepada Tuhan maka tidak ada di dunia ini dapat menghentikan kita untukmemperjuangkan dan menemukan hal-hal yang terbaikdalam hidup kita. Tuhan akan membimbing dan memberikan yang terbaik pada kita. Saat ini marimulai mengubah pola pikir kita dalam menyikapi setiap perubahan dalamkehidupan dengan lebih memusatkan perhatian kita kepada Tuhan. Amin.

Doa Penutup: Terimakasih Tuhan atas firmanMu yg telah menyapa kami saatini dan mengingatkan kami untuk selalu setia kepadaMu sebab Engkaulah yang memberikan kelegaan kehidupan kami dan Engkaulah Alpa dan Omega, yangAwal dan yg Akhir biarlah kasihMu juga demikian dalam kehidupan kami ini. Amin.

Anugrah Tuhan Yesus Kristus dan kasih setia dari Allah bapa serta persekutuan Roh Kudus kiranya menyertai kita sekalian. Amin.

Bvr. Cleopatra Sitorus - Kantor biro Zending Pematangsiantar.

Pustaka Digital