Renungan Harian HKBP | 27 September 2024

Selamat pagi bapak, Ibu dan Saudara-saudara yang kami kasihi di dalam Kristus Yesus Tuhan kita. Semoga di pagi hari ini kita dalam keadaan sehat dan penuh sukacita. Saudara-saudara sebelum kita kembali melakukan pekerjaan kita sepanjang hari ini, terlebih dahulu kita akan merenungkan Firman Tuhan yang menjadi kekuatan bagi kita, untuk itu mari kita berdoa dalam hati kita masing-masing.

Saat teduh…………

Doa Pembuka: Kami memuji dan memuliakan namaMu ya Tuhan Allah Bapa kami di dalam nama AnakMu Tuhan Yesus Kristus. Di pagi hari ini kami bersyukur kepadaMu atas berkatMu kami boleh melewati malam hari dan kini Engkau bangunkan kami dalam keadaan sehat. Ya Tuhan kami selalu rindu akan kebenaran FirmanMu, untuk itu kami telah membuka hati dan pikiran kami agar FirmanMu dapat kami mengerti dan akan kami lakukan dalam kehidupan kami setiap hari. Terimalah doa dan permohonan kami, hanya didalam nama Yesus, kami berdoa dan mengucap syukur kepadaMu. Amin.

Nats Renungan :

Mazmur 33 : 4

“Sebab Firman Tuhan itu benar, segala sesuatu dikerjakanNya dengan kesetiaan”

Bapak, ibu dan saudara-saudara, pada pagi hari ini, Firman Tuhan mengajak kita untuk memuji Tuhan dengan sungguh-sungguh, bahkan dengan nyanyian dan musik. Banyak hal yang harus kita perhatikan agar kita selalu mau memuji Tuhan, misalnya atas berkat Tuhan kita mendapatkan hasil dari jerih payah kita, kita diberi kekuatan dan kesehatan, juga berbagai hal lainnya yang Tuhan berikan dan dapat kita rasakan dalam setiap hari-hari kehidupan kita.

Saudara-saudara, melalui nats Firman Tuhan di pagi hari ini, kita diajak memuji Tuhan karena Firman Nya yang sangat berkuasa dan benar. Seperti yang kita tahu bahwa Firman Tuhanlah yang menjadikan segala sesuatu dari yang tidak ada menjadi ada. Firman Tuhan menunjukkan kepada kita bahwa Tuhan itu berkuasa, sehingga harus kita sadari bahwa dunia ini adalah milik Tuhan, dan semua yang ada di dunia ini, termasuk manusia adalah dibawah kuasaNya. Oleh karena itu kehidupan kita berada di dalam tangan Tuhan, pertolongan sejati juga datang dari Tuhan, dengan demikian kita layak memuji dan memuliakan Tuhan.

Salah satu persoalan yang kita jalani dalam kehidupan kita pada akhir-akhir ini, dunia ini penuh dengan ketidak adilan, pelanggaran hukum dan berbagai perbuatan manusia yang mungkin membuat kita cemas dan ragu untuk menjalani hari-hari hidup kita, namun jiwa kita selalu disegarkan oleh Firman Tuhan. Tuhan Allah kita adil dan kesetiaanNya tidak pernah berubah. Firman Allah bukan sekedar kata-kata, akan tetapi Firman Tuhan berkuasa memelihara dan melindungi seluruh ciptaanNya. Oleh karena itu, kita sebagai umat ciptaan Tuhan, kepadaNyalah kita harus berserah diri dan memohon segala sesuatu yang kita perlukan. Dengan demikian pemazmur mengingatkan kita supaya kita tidak berperilaku sombong dan kita tidak akan mengandalkan diri kita sendiri dalam menghadapi berbagai tantangan yang sedang kita hadapi. Tuhan itu berkuasa dan tetap peduli, hal ini jugalah yang harus kita genggam untuk menjadikan kita hidup dengan percaya diri menjalani kehidupan kita. Kita tidak perlu lagi khawatir dan cemas, karena Tuhan kita itu berkuasa atas segala sesuatu. Jadi Tuhan adalah sumber pengharapan kita, karena itulah pemazmur mengajak kita untuk mengangkat pujian kepada Tuhan.

Saudara-saudara, bersama pemazmur marilah kita hidup mengandalkan Tuhan dalam segala perkara yang kita hadapi, sebab FirmanNya berkuasa memelihara hidup kita dalam segala masalah yang sedang kita hadapi. Berdoalah selalu memohon supaya Kasih Setia Tuhan selalu menyertai kita sepanjang masa.

Doa Penutup: Terima kasih ya Tuhan Allah Bapa kami atas FirmanMu yang telah kami dengarkan di pagi hari ini. Sebagai umat ciptaanMu, kami harus selalu memuji dan memuliakan namaMu atas kuat kuasa FirmanMu yang kami rasakan dapat memelihara dan memberikan berkat yang melimpah kepada kami. Kuat kuasa FirmanMu membuka hati kami untuk selalu berharap akan pertolongan dan penyertaanMu kepada kami. Ya Tuhan, jadikanlah FirmanMu yang telah kami terima untuk menguatkan kami dalam setiap langkah kehidupan kami, juga membimbing kami selalu untuk mau melakukan apa yang Tuhan kehendaki dari kami. Ya Tuhan, kami memohon kepadaMu, lindungilah kami, jagailah kami selalu dalam setiap langkah hidup kami. Dalam segala aktivitas dan tugas-tugas kami pada hari ini, tolong Tuhan kuatkan kami! Berikanlah berkat yang melimpah bagi kami melalui segala pekerjaan kami yang baik dan yang Tuhan inginkan. hanya kedalam tanganMu kami serahkan seluruh kehidupan kami.Hapuskanlah segala dosa kami, Di dalam nama Yesus, kami berdoa dan mengucap syukur kepadaMu. Amin

Anugerah Tuhan kita Yesus Kristus, Kasih setia dari Allah Bapa, dan Persekutuan dari Roh Kudus, itulah kiranya yang menyertai kita, hari ini sampai selama-lamanya! Amin.


Pdt. Samsir Hutagalung, M.Div

Pustaka Digital