Renungan Harian HKBP | 30 Agustus 2024

“Bukan karena jasamu, tetapi karena Anugerah Allah”

 

Salam sejahtera bagi Bapak, Ibu, saudara sekalian di mana pun berada saat ini. Mari kita persiapkan hati dan pikiran kita untuk mendengarkan Firman Tuhan, kitaberdoa!

 

Doa Pembuka: Kita berdoa! Terima kasih ya Allah Bapakami atas Anugerah dan penyertaan-Mu dalamkehidupan kami hingga saat ini. Sebentar kami akanmendengarkan FirmanMu; Tuntunlah kami untukmemahami dan melakukan Firman-Mu dalam hidup kamiseturut dengan kehendak-Mu. Dengarlah doa kmi ini,hanya di Dalam Nama Yesus Kristus kami berdoa. Amin. 

 

Bapak, Ibu, saudara sekalian yang dikasihi Tuhan YesusKristus…

Firman Tuhan hari ini, Jumat 30 Agustus 2024 tertulis dalam Ulangan 9: 6: ”Jadi ketahuilah, bahwabukan karena jasa-jasamu TUHAN, Allahmu, memberikan kepadamu negeri yang baik itu untukdiduduki. Sesungguhnya engkau bangsa yang tegartengkuk:

 

Jemaat yang dikasihi Kristus…..

Firman Tuhan ini  menceritakan dimana Masa  pengembaraan atau perjalanan umat Israel dipadanggurun selama 40 tahun akan berakhir; dan itu artinyaumat Tuhan akan memasuki Tanah Perjanjian, tanah yang subur dan makmur penuh dengan madu dan susu; Tetapi, Musa  kembali mengingatkan umat Israel akanperjalanan mereka selama 40 tahun di Padang Gurun; Perjalanan itu tidaklah mudah; banyak peristiwa yang mereka alami selama di Padang Gurun, suka dan duka, lapar dan haus bahkan menghadapi berbagai marabahayadan ancaman dari orang-orang disekitar mereka; tetapisatu hal penting yang harus diingat bahwa Allah tidakpernah meninggalkan mereka,  Allah ikut  berjalanmenyertai umat-Nya, sebagaimana dikatakan dalamKeluaran 13:21:”Tuhan berjalan di depan mereka, pada siang hari dalam tiang awan untuk menuntun merekadi jalan, dan pada waktu malam dalam tiang api untukmenerangi mereka, sehingga mereka dapat berjalansiang dan malam”.  Dan Tuhan juga mencukupkansegala kebutuhan hidup mereka, sehingga umat Israel dapat memasuki Tanah Kanaan dengan penuh damai dan sukacita.

Karena itu, dengan tegas Musa mengingatkan umatIsrael agar mereka tidak melupakan Tuhan Allah.  Sebab, kalaupun mereka boleh memasuki tanah perjanjian, itubukan karena kekuatan dan kehebatan mereka tetapisemata-mata karena Anugerah dan kebaikan Tuhan; sebagaimana dikatakan dalam Firman ini “bahwa bukankarena jasa-jasamu Tuhan Allah memberikankepadamu negeri yang baik itu untuk diduduki” dan ungkapan ini berulang-ulang disampaikan kepada umatIsrael yang mengatakan bukan karena jasa-jasamu (ayat4-6). Karena memang, umat Israel adalah bangsa yang tegar tengkuk, yang suka memberontak, melawanperintah Allah bahkan bangsa yang suka mengeraskanhatinya dihadapan Tuhan dan jauh dari kebenaran. Kalau hal ini yang menjadi tolak ukur, tentu seorang pun dariumat Israel tidak layak untuk masuk ke negeri Kanaan,tetapi sematamata karena pemberian atas dasaranugerah bukan karena jasa-jasa mereka.

 

Jemaat yang dikasihi Kristus….

Dalam kehidupan kitapun, banyak hal yang  indahdan baik yang sudah kita peroleh atau dapatkan; Apakahitu  kesehatan, materi, kekayaan, pangkat dan jabatan dan hal yang lainnya yang kita miliki dalam hidup kita; terlebih lagi akan keselamatan yang dianugerahkankepada kita oleh Yesus Kristus yang menderita dan matidikayu salib; dan kita tahu, bahwa kita memperolehkeselamatan itu bukan  karena kebenaran dan kehebatankita, bukan karena perbuatan baik atau jasa-jasa kita, tetapi sematamata adalah karena kebaikan dan kemurahan Tuhan.

Karena itu, Firman Tuhan hari ini, Mengajaksemua orang percaya: untuk selalu mengingat kebaikanTuhan dalam hidupnya; jangan pernah melupakan-Nya. Jangan sekalikali mengatakan karena kekuasaanku dan kekuatan tangankulah yang membuat aku memperolehkekayaan ini (Ulangan 8:17, tetapi sebaliknyakatakanlah bahwa Tuhanlah yang mmberikan kekuatandan Dialah yang menganugerahkan segala sesuatunyadalam hidup kita (Ulangan 8:18).

Jangan menyombongkan diri, tetapi Hidup-lah dalamkerendahan hati; sebab apapun yang kita miliki sekarang, itu semua karena Anugerah dan kebaikan Tuhan bagikita. Teruslah bersyukur kepada-Nya dan jangan pernahmelupakan kebaikan dan pertolongan-Nya; selalu  taatdan setia  dalam iman hanya kepada-Nya sebab DialahSumber segala berkat dalam kehidupan kita. Amin.

 

Doa Penutup: Mari kita berdoa! Terima kasih Tuhan atas Firman-Mu yang menyapa kami saat ini untuk selalubersyukur atas berkat yang engkau limpahkan dalamkehidupan kami; Dan Ajarlah kami untuk selalumerendahkan hati kami, tidak sombong baik terhadapsesame kami terlebih dihadapan Tuhan; karena Firman-Mu hari ini mengajarkan kepada kami bahwa apa yang kami miliki saat ini bukan karena kekuatan dan kehebatan kami, tetapi semata-mata karena kebaikan dan kemurahan Tuhan dalam hidup kami. Bapa di surga, kami juga memohon.,berilah kami hati yang taat dan setia untuk melakukan kehendak-Mu sehingga Nama-Mu dimuliakan dalam setiap kehidupan kami.

Dengarlah Doa kami ini Hanya di dalam Nama Tuhan Yesus Kristus, Tuhan kami. Amin.

 

Anugerah Tuhan kita Yesus Kristus. Kasih setia dariAllah Bapa dan Persekutuan Roh Kudus, kiranyamenyertai kita sekalian hari ini dan selamanya. Amin.


Bvr. Sulastri Sitompul- Kantor Biro Zending HKBP

Pustaka Digital