Renungan Harian HKBP | 4 September 2024

Menantikan Kebenaran Yang Kita Harapkan

Doa Pembuka: Terpujilah Engkau Tuhan atas hari yang baru yang masih Tuhan berikan bagi kami saat ini, sebelum memulai segala aktivitas kami, terlebih dahulu kami hendak mendengarkan firmanMu agar apapun yang akan kami lakukan semuanya seturut dengan kehendakMu, di dalam Kristus Yesus kami berdoa, amin.

Firman Tuhan bagi kita hari ini Rabu, 4 September 2024, tertulis pada kitab

Galatia 5:5

“Sebab oleh Roh dan karena iman, kita menantikan kebenaran yang kita harapkan"

Bapak/Ibu, saudara/i yang dikasihi Kristus, Apakah yang membedakan Kristen dengan agama-agama lain di dunia ini? Jika semua agama mengajarkan untuk melakukan kebaikan sebagai jalan menuju keselamatan (surga), maka Kristen, orang-orang yang percaya dan menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamatnya, melakukan kebaikan adalah sebagai tanggungjawab dari orang yang sudah menerima anugerah keselamatan yang telah diberikan Allah melalui pengorbanan Yesus Kristus di kayu salib. Jadi, kita melakukan hal-hal baik bukan supaya kita masuk surga, melainkan karena kita telah dibenarkan, telah menerima anugerah keselamatan, maka sebagai tanggungjawab kita harus menunjukkan hidup sebagai orang-orang yang telah diselamatkan, melakukan hal-hal benar yang berkenan di hadapan Tuhan. Firman Tuhan hari ini merupakan bahagian dari pengajaran Paulus kepada orang Kristen di Galatia bahwa bukan karena melakukan hukum Taurat kita diselamatkan. Pada ayat 4 dikatakan: “Kamu lepas dari Kristus, jikalau kamu mengharapkan kebenaran oleh hukum Taurat; kamu hidup di luar kasih karunia.” Sangat jelas dinyatakan bahwa kebenaran tidak akan pernah didapatkan melalui pelaksanaan hukum Taurat, mengapa? Sebab tidak ada satu orangpun di duni ini yang dapat melakukan huokum Taurat dengan sempurna. Dengan keterbatasan manusia, maka tidak ada satu orang pun yang akan dibenarkan. Namun Firman Tuhan hari ini mengatakan: “Sebab oleh Roh, dan karena iman, kita menantikan kebenaran yang kita harapkan.

 Jemaat yang dikasihi Kristus, kita telah dibenarkan oleh pengorbanan Kristus, kita telah dikuduskan oleh darahNya yang tercurah di kayu salib, maka hiduplah sebagai orang-orang yang telah dibenarkan dan dikuduskan. Di tengah kemajuan zaman saat ini, tidaklah mudah bagi kita hidup sesuai dengan kehendak Allah, namun Tuhan pasti menolong kita melalui penyertaan Roh KudusNya bgi kita. Di setiap tantangan dan cobaan yang kta hadapi, iman percaya kita yang akan menguatkan kita untuk tetap teguh berharap pada Tuhan saja. Ibrani 11:1 katakan: Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat.” Amin.

Doa Penutup: Terima kasih Tuhan atas firmanMu yang mengingatkan kami semua bahwa iman adalah fondasi bagi kami dalam menjalani kehidupan ini sehingga kualitas hidup kami akan sangat nyata melalui iman kami masing-masing sehingga dimanapun kami berada, kepada siapapun kmi bertemu hidup kami tetap menjadi saluran berkatMu dan nama Tuhan ditinggikan dimuliakan, dalam Kristus Yesus kami berdoa.

Anugerah Tuhan kita Yesus Kristus, kasih setia dari Allah Bapa dan Persekutuan Roh Kudus, kiranya menyertai saudara/i sekalian, Amin.

Pdt. Emilda Sibarani, S.Th - Melayani di Biro Sending HKBP

Pustaka Digital