Renungan Harian HKBP | 6 Agustus 2024


Mintalah Maka kamu Akan Menerimannya

Markus 11 : 24

Selamat pagi dan salam sejahtera bagi saudara-saudari yang terkasih, semoga di pagi ini kita dalam keadaan sehat dalam menyambut firman Tuhan. Sebelum kita mendengarkan Firman Tuhan, marilah kita terlebih dahulu saat teduh.

Doa pembuka: Marilah kita berdoa! Ya Tuhan Allah terimakasih atas penyertaanMu di dalam hidup kami, kami merasakan kasihMu lebih besar, dan kami melewati hari-hari kami penuh dengan sukacita, dimana Tuhan memberikan kekuatan dan uluran tangan. ya Tuhan sebentar lagi kami hendak mendengarkan FirmanMu sebangai pedoman hidup kami berfirmanlah Tuhan kami sudah siap untuk mendengarkannya. Amin.

Saudara-saudari yang terkasih Firman Tuhan sebagai penuntun hidup kita untuk memulai kegiatan kita pada hari ini tertulis dalam: Matius 11 : 24. Demikianlah Firman Tuhan :Karena itu Aku berkata kepadaMu : Apa saja yang kamu minta dan doakan, percayalah bahwa kamu telah menerimannya, maka hal itu akan diberikan kepadamu”.

Saudara-saudari yang terkasih ...

Satu kekuatan hidup orang kristen yang selalu diandalkan adalah doa. Doa satu ungkapan dari hati yang paling dalam serta tulus keluar dari hati seseorang, maka apabila seseorang tidak percaya dengan apa yang dimintanya kepada Tuhan maka disitu ada suatu keraguraguan, bahwa dia belum fokus dengan apa yang ia doakan.

Ayat renungan ini disampaikan Yesus kepada murid-muridnya, supaya mereka meminta dengan tulus tidak ada keraguraguan, sebab doa bukan sesuatu yang main-main dan sembarangan yang dilakukan dengan pikiran, sebab Tuhan menginginkan dan mengharapkan keseriusan kita kepada Tuhan.

Setiap kehidupan kita pasti melewati hal-hal yang sulit, sebab perjalanan kehidupan kita penuh dengan gelombang kehidupan, apakah kita melewatinya dengan putus asa, menjauhkan diri dari Tuhan, sebaliknya ketika kita senang apakah kita sombong dan lupa memuji Tuhan. Kita harus belajar dari kegagalan dan ketidak suksesan agar kita semakin kuat dan bangkit melewati kesulitan tersebut.

Melalui nats hari ini Yesus berpesan bahwa setiap doa yang didasarkan oleh iman pasti akan menerimannya, ini adalah suatu janji Tuhan kepada orang yang percaya, tetapi di waktu kita berdoa Tuhan sudah mendengar doa-doa kita. Disini kita perlu penyerahan diri dengan tulus jangan bercabang pikiran supaya Tuhan menjawab doa-doa kita.

Markus 11 : 24 ini menginspirasi kita sebagai anak-anak Tuhan, apa saja yang kita minta dan doakan, percayalah bahwa kita akan menerimannya, tetapi sebagai orang yang ditebus dari belenggu dosa, Tuhan tidak mengingat dosa-dosa kita, kasihNya lebih besar agar kita tidak hidup di dalam kejahatan.

Saudara-saudari yang terkasih ...

Ketika kita berdoa,maka ada 2 hal yang dapat kita lakukan :

1. Iman

2. Kepercayaan

Kedua hal tersebut tidak dapat terlepas di saat kita berdoa, karena iman dan pengharapanlah kita meminta dengan doa. Imanilah dan percailah apa yang kita minta dengan ketulusan, sebab Tuhan mendengar kalau kita meminta dengan sungguh-sungguh kepadaNya. Yakinilah bahwa kuasa Tuhan lebih besar dan kasih setiaNya sangat kita rasakan di dalam kehidupan kita setiap saat. Amin.

Doa penutup: Marilah kita berdoa!Ya Bapa, terima kasih atas FirmanMu yang sudah kami dengar,dimana FirmanMu adalah kekuatan kami, ketika kami berdoa dengan iman, kami memperoleh kekuatan.  Sebab doa adalah napas kehidupan kami, Tuhan Yesus lindungi kami setiap saat supaya kami semakin kuat. Tuhan kami adalah orang tidak luput dari dosa ampunilah kami Tuhan atas kesalahan kami agar kami layak menerima berkat-berkat yang akan kau limpahkan kepada kami terimakasih Tuhan. Amin. 

Anugerah dari Tuhan kita Yesus Kristus, Kasih setia dari Allah Bapa serta Persekutuan dari Roh Kudus, kirannya menyertai kita sekalian. Amin.


Diak. Linda Siregar- Biro Sending HKBP

Pustaka Digital