"Di ari uju na jongjong ho di adopan ni Jahowa, Debatam, di Horeb, uju na nidok ni Jahowa tu ho; paluhut ma bangso i di Ahu, asa Ahu patubegehon tu nasida hatangKu, angka siparateatehononnasida, asa marhabiaran nasida mida Ahu saleleng mangolu nasida di tano on, asa diajarhon huhut tu angka anakhonnasida.

Yakni hari itu ketika engkau berdiri di hadapan Tuhan, Allahmu, di Horeb, waktu Tuhan berfirman kepadaku: suruhlah bangsa itu berkumpul kepada-Ku, maka Aku akan memberi mereka mendengar segala perkataan-Ku, sehingga mereka takut kepada-Ku selama mereka hidup di muka bumi dan mengajarkan demikian kepada anak-anak mereka."

5 Musa 4:10

RPH HKBP 2021 Bahas Tema & Sub Tema

Rabu, 27 Oktober 2021 Rapat Pendeta Hatopan (RPH) hari ketiga membahas tentang tema RPH, yakni: Sungguh Tuhan itu keselamatan, kekuatan dan mazmurku, aku percaya tanpa gemetar (Yesaya 12:2). Pembahasan tema disajikan oleh Pdt. Dr. Anwar Tjen dan dimoderatori oleh Pdt. Dr. Benny Sinaga (Ketua STB HKBP). Dalam kajiannya, Pdt. Dr. Anwar Tjen merefleksikan akan masa lalu untuk mensyukuri perubahan hati Tuhan, merayakan Tuhan sebagai keselamatan, dan tidak takut karena percaya akan kekuatan Tuhan.



Sedangkan pembahasan sub tema dibawakan oleh Pdt. Mangatur Manurung, S.Th dan dimoderatori oleh Pdt. Rintalori Sianturi, S.Th. Ada dua bagian besar penekanan dari sub tema “Pendeta HKBP bersama bergantung pada Tuhan dan saling membantu pada masa Covid-19. Pertama: Bergantung pada Tuhan. Kedua: saling membantu. Implementasi dari sub tema ini mengajak para Pendeta untuk menggantungkan imannya kepada kuasa dan hikmat Allah, bukan manusia. Jadi imanlah yang ditautkan, digantungkan kepada Tuhan. Iman kepada Kristus menjadi pegangan utama dalam membangun praktik saling membantu di masa Covid-19 ini.



Pembahasan tema dan sub tema ini mendapat respon yang positif dari seluruh peserta baik yang hadir secara onsite maupun virtual. Seluruh peserta Rapat Pendeta Hatopan sangat antusias dalam memberikan pertanyaan maupun masukan. Kedua penyampai sajian menerima cinderamata berupa ulos yang disampaikam oleh Pimpinan HKBP. Setelahnya dilanjutkan dengan sidang kelompok.




Pustaka Digital