"Minggu Advent II
Topik: MARHABADIAON MANOMU ARI NI KRISTUS (HIDUP SUCI DALAM PENANTIAN HARI KRISTUS)"

Ev: Pilippi 1 : 3 - 11/Ep: Psalmen 24 : 1 - 10

Sah, Posko Gempa Bumi Tapanuli Utara Bersama Diakonia

Lumbanbaringin, 12 Oktober 2022

Gempa bumi yang menghentak wilayah kabupaten Tapanuli Utara pada 01 Oktober 2022 yang lalu tidak hanya melahirkan trauma atau ketakutan bagi warga masyarakat umumnya, namun juga warga Kristen khususnya. Selain kekuatan gempa yang cukup besar, gempa-gempa susulan juga menimbulkan rasa tidak aman dan selalu waspada dalam diri masyarakat.


Tidak hanya trauma psikologis, mereka juga mengalami kerugian materi yang tidak sediki,t di mana banyak rumah yang selama ini mereka huni retak, rusak ringan, bahkan ada yang tidak lagi layak ditempati. Puluhan rumah ibadah di beragam lokasi di sekitar kabupaten Tapanuli Utara juga tidak luput dari goncangan gempa tersebut.

Berangkat dari besar dan menyebarnya dampak kerusakan yang ditimbulkan gempa ini membuat beragam gereja terpanggil untuk bersatu dan bekerja sama dalam merespon dampak gempa tersebut.


Hal itulah yang menginisiasi Sekretariat Bersama UEM menginisiasi lahirnya Posko Diakonia Bersama Gempa Bumi Tapanuli Utara. Dan setelah melalui beragam percakapan maka tepat pada hari Selasa, 11 Oktober 2022 lahirlah Posko Diakonia Bersama Gempa Bumi Tapanuli Utara. Posko ini akan menjadi pusat komunikasi, logistik, koordinasi dan beragam hal lainnya dalam penanggulangan dampak gempa bumi Tapanuli Utara.


Posko ini diresmikan di Lumbanbaringin oleh Sekber UEM. Ompu i Ephorus HKBP, Kadep Diakonia HKBP, Ibu Pdt. Debora Sinaga menjadi saksi yang menghadiri lahirnya Posko Bersama ini bersama dengan Sekda Tapanuli Utara, Kadis Sosial Taput dan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

HKBP menjadi berkat bagi dunia