"Ai Ahu do donganmu,” ninna Jahowa, “laho paluahon ho; ai sun siap do bahenonHu saluhut bangso parbegu haambolonganmu na Hubahen i na sai laon, alai anggo ho ndang siap bahenonHu; ingkon pinsangonHu do ho nian hombar tu uhum, jala ndang tarbahen so toruanHu ho.

Sebab Aku menyertai engkau, demikianlah firman TUHAN, untuk menyelamatkan engkau: segala bangsa yang ke antaranya engkau Kuserahkan akan Kuhabiskan, tetapi engkau ini tidak akan Kuhabiskan. Aku akan menghajar engkau menurut hukum, tetapi Aku sama sekali tidak memandang engkau tak bersalah."

Jeremia 30:11

Salam Kasih dari HKBP Saribu Dolok Distrik X Medan Aceh


“Kita perlu beranjak dari pola pikir gereja yang terpisah dari kehidupan sosial masyarakat. Tidak bisa hanya sekedar merancang program sendiri, yang kita rasa diperlukan oleh jemaat dalam hidup keseharian di masyarakat. Gereja tentu hadir memberi jawab akan kerinduan jemaat yang demikian. Tentu untuk sampai pada pelayanan yang menyentuh kehidupan keseharian jemaat maka dibutuhkan model pelayanan yang komunikatif, koordinatif, kolaboratif dan juga konklusif. Dari pergumulan yang demikianlah Bapak Praeses HKBP Distrik X Medan Aceh bapak Pdt. Henri Napitupulu, M.Th mengawali pelayanannya sebagai Praeses setelah dilantik dengan motto pelayanan 4K (Komunikasi, Koordinasi, Kolaborasi Dan Konklusi).

Maka pada hari ini, di Minggu Trinitatis 30 Mei 2021 ini,  Bapak Praeses mengadakan Kunjungan Pastoral bersama Persekutuan Naposo Distrik, Badan Pengurus Mitra dan juga Pendeta Ressort Kabanjahe Pdt. Gustav Simanjuntak, STh.MM ke Gereja HKBP Saribu Dolok Ressort Kabanjahe. Kunjungan Pastoral tersebut memberikan peneguhan bagi jemaat HKBP Saribu Dolok melalui pelayanan Khotbah Minggu dari Amang Praeses. Dalam Khotbahnya ditekankan bahwa Tuhan yang bersumber dari surga dan merupakan penguasa atas segalanya, ialah yang melakukan segalanya hingga pada pengampunan dosa yang dilakukan Tuhan terhadap manusia, serta hanya Dialah yang dapat melepaskan kita dari segala yang jahat. Tuhan rela memberikan kebenaran tersebut dengan bukti penebusan dosa itu. Dan orang yang disuruh serta dipanggil oleh Tuhan merupakan dia jugalah yang akan memberitakan firman Tuhan itu kembali, dan orang yang percaya akan hidup didalamnya serta beroleh keselamatan. Serta hanya karena kasih karunia Tuhan lah kita boleh hidup dan bukan karna kuasa dunia yang hanya sementara itu.


Setelah Ibadah minggu usai, melalui Aleale Distrik X Medan Aceh, Distrik Ander Agger Jerman menyerahkan 22 paket sembako kepada Jemaat HKBP Saribu Dolok Ressort Kabanjahe.  

Komunikasi dan kordinasi untuk mendapatkan sebuah Kolaborasi pelayanan itu juga di sampaikan bapak Praeses kepada PND HKBP Distrik X Medan Aceh dan menyambut baik ajakan bapak Praeses, dengan membawakan persembahan Pujian Lagu melalui Evangelisasi Koor dalam ibadah di HKBP SaribuDolok Ressort Kabanjahe tersebut.


HKBP Distrik X Medan Aceh melalui bimbingan pelayanan Amang Praeses sangat membuka ruang bagi Pemuda/Naposo dalam kesempatan berkarya dan melayani. Adalah generasi penting dalam sebuah gereja. Bagaikan bunga, bunga itu sedang kuncup dan mulai bermekaran. Generasi muda gereja perlu banyak bimbingan dan dukungan agar bisa menjadi generasi yang mampu mengembangkan gereja, terlebih dalam hal iman percaya pada Tuhan. Untuk itulah mereka diajak dan dilibatkan dalam kunjungan pastoral tersebut. Harapan Amang Praeses, Naposobulung melandasi hati yang tulus dan ikhlas dalam melayani-Nya. Masa muda, masa yang indah ketika hidup kita bisa dipakai oleh Tuhan melalui tindakan, perkataan, dan perbuatan.


Seluruh Jemaat dan Parhalado merasakan sukacita yang begitu luar biasa dalam ibadah yang dilayankan oleh bapak Praeses HKBP Distrik X Medan Aceh bersama dengan Bapak Pendeta HKBP Ressort Kabanjahe, Pdt. Gustav Simanjuntak, S.Th.MM. Terpujilah Tuhan Atas Pelayanan HKBP Distrik X Medan Aceh.


Pustaka Digital