Sambutan Menteri Sosial Juliari Batubara pada Ibadah Raya Tahun Pekabaran Injil HKBP di Sipirok

Yang saya hormati, Bupati Tapanuli Selatan Bapak H Syahrul Martua Pasaribu , beserta segenap jajaran Forkompinda Tapanuli Selatan. Yang saya hormati, Ephorus HKBP Bapak Pdt DR Darwin Lumban Tobing dan Bapak Sekjer HKBP yang saya hormati segenap Pimpinan Parhalado Pusat HKBP Yang saya hormati, Pejabat Eselon I Kemensos Sosial dan Staf Khusus Menteri Sosial yang ikut mendampingi saya Yang saya hormati para Pendeta, Tokoh lintas Agama, hadirin undangan, serta segenap jemaat HKBP yang saya muliakan.

Syaloom, Salam sejahtera untuk kita semua AssalamualaikumWarohmatullahiWabarokatuh. Segala puji dan syukur kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, Tuhan Yesus Kristus, yang senantiasa menyertai kita dengan kasih dan karunianya, kita dapat bertemu dalam acara yang sangat dimuliakan ini,lbadah Raya HKBP di Kota Sipirok, yang tentu sangat dinanti oleh kita semua. Selaku Menteri Sosial saya sangat berbahagia dan suatu kehormatan, bisa hadir ditengah tengah

Bapak, Ibu dan saudara,saudari sekalian. Kegiatan Ibadah Raya sebagaimana dilakşanakan harj ini, adalah satu kegiatan yang sangat positif dan sangat bermanfaat. Oleh karena itu Pemerintah senantiasa memberi ruang yang setinggi-tingginya den seluas-luasnya bagi setiap pemeluk agama untuk sesuai keyakinannya ,serta menjalankan ibadah menjamin kenyamanan menjalankannya. Kehadiran saya selaku Menteri Sosial, serta kehadiran Bupati Tapsel Bapak Haji Syahrul Martua Pasaribu dengan jajaranya, adalah bukti kecintaan Pemerintah terhadap keberadaan HKBP di tengah tengah masyarakat khususnya di Sipirok Tapanuli Selatan ini.

Secara pribadi, saya bersama Istri saya tidak merasa asing berada diantara seluruh Jemaat,sebab saya dan keluarga juga adalah warga dan jemaat HKBP. Bapak Ephorus dan segenap Bapak Bupati undangan yanag saya muliakan, Sejarah panjang Kota Sipirok, sudah melegenda dan terkenal keseluruh Indonesia bahkan kesebahagian belahan dunia, yakni sebagai kota kecil yang terkenal masyarakatnya hidup rukun dan sangat toleran , bukan saja di Sumatera Utara, bahkan diseluruh Indenesia. Sipirok sudah menjadi inspirasi dan menjadii contoh bagi daerah lain. Betapa masyarakat Sipirok selama ratusan tahun hidup damai,rukun walau hidup bertetangga dengan berbeda agama dan keyakinan. Itu pula yang meringankan langkah saya datang ke Sipirok ini walau meninggalkan tugas tugas berat di Jakarta khususnya dalam penanganan korban banjir yang sedang melanda Jakarta saat ini . Saya datang dengansenang hati, saya ingin melihat dan merasakan langsung suasana kerukunan masyarakat di Sipirok.

Ibadah Raya yang dilaksanakan saat ini , adalah momentum yang sangat tepat diawal tahun 2020, mari melalui Ibadah Raya ini kita songsong tahun 2020 dengan penuh optimisme, Mari kita segenap jemaat HKBP menjadi yang terdepan mengajak masyarakat disekitar kita masing masing untuk bersama-sama terus merajut kebersamaan,merajut toleransi,juga merajut kerukunan, mengembangkan kesetiakawanan sosial. Sebab dengan semangat gotong royong, setiap pekerjaan yang kita kerjakan akan menjadi ringan. Sesuai dengan tema Natal tahun 2019 : Hidup sebagai sahabat buat semua orang. Pemerintahan Bapak Joko Widodo dan Bapak Ma'ruf Amin, telah bertekad untuk terus mengembangkan yang berorientasi kepada terujudnya program Indonesia yang maju dan sejahtera.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Kementerian Sosial saat ini terus bekerja keras, bersama sama jajaran pemerintah baik di pusat maupun di daerah, mengembangkan program Penanganan kemiskinan. ini Kementerian Sosial telah menyiapkan arah kebijakan pembangunan kesejahteraan sosial yang difokuskan kepada kebijakan pemberdayaan sosial, disamping berbagai program yang yang sudah eksis seperti Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) . Kedua program Pemerintah tersebut, sudah terbukti memberikan andil besar dalam penurunan angka kemiskinan di indonesia, termasuk di Tapanuli Selatan ini. Oleh karena itu saya mengajak Pimpinan dan Parhalado Pusat HKBP dan segenap jemaat HKBP untuk bersama sama mensukseskan setiap program-program Pemerintah. Doakan Bapak Presiden kita Bapak Joko Widodo dan segenap jajaran Pemerintah untuk diberi hikmat dan kebijaksanaan mengelola pemerintahan, melaksanakan pembangunan demi terwujudnya Indonesia maju dan sejabtera.

Hadirin yang saya muliakan,

Apa yang bisa kita sumbangsihkan sebagai warga bangsa, sebagai warga dan jemaat HKBP dalam mensukseskan pembangunan Nasional, Pertama, Ikut menjaga ketertiban , keamanan dan suasana damai dan harmoni dilingkungan terkecil kita ,Kedua: Jangan ikut ikutan menyebarkan berita hoax yang bersifat hasutan, ujaran kebencian dan permusuhan, Ketiga: hiduplah penuh kasih sebagaimana ajaran Tuhan kita Yesus Kristus, masalah besar diperkecil, masalah kecil dihilangkan.

Apabila ketiga hal tersebut dapat kita laksanakan, percayalah kita semua akan hidup dalam kedamaian. Sipirok akan hidup damai, Tapanuli Selatan akan hidup damai, Sumatera Utara Hidup damai, pada akhirnya Bangsa dan Negara Indonesia hidup damai. Dengan hidup damai, Pemerintah pun akan dapat melaksanakan pembangunan nasional dengan baik, guna mencapai cita-cita Nasional yakni Indonesia Maju dan Sejahtera. Demikian sambutan singkat saya, selamat dan sukses atas penyelenggaraan kegiatan Ibadah Raya dan seluruh rangkaian acara yg sudah direncanakan, terima kasih.

Tuhan memberkati.

Wassalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatu.

Sipirok, Tapanuli Selatan, 5 Januari 2020.

       Menteri Sosial Republik Indonesia


  

                                                                                           JULIARI P BATUBARA

comments

Leave a Reply