"Arga do hamu ditobus; unang ma olo hamu parhatobanon ni jolma!

Kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar. Karena itu janganlah kamu menjadi hamba manusia."

1 Korint 7:23

Sejarah Baru Tercatat, Persekutuan Perempuan Berpendidikan Teologi (PERUATI) Daerah Tapanuli Dibentuk

Jumat, 18 Februari 2021, Gedung Raja Pontas Lumbantobing yang beralamat di kompleks Kantor Pusat HKBP, Pearaja-Tarutung menjadi saksi tercatatnya sejarah baru. Persekutuan Perempuan Berpendidikan Teologi (PERUATI) daerah Tapanuli diadakan untuk pertama kalinya. Dalam pertemuan yang berlangsung, peserta turut memilih kepengurusan periode 2022-2026. Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Ketua Badan Pengurus Peruati Nasional, Pdt. Dr. Darwita Purba (GKPS), dan Ketua Badan Pengurus Peruati Daerah Parapat, Siantar, Tebingtinggi (PASTI) SUMUT, Pdt. Desi Rita Hutasoit (HKBP). Pertemuan para perempuan berpendidikan teologi ini berlangsung dengan lancar.


Pdt. Sondang Napitupulu, M. Th., selaku MC menyapa seluruh peserta yang telah datang ke ruang pertemuan. Acara berikutnya adalah Kata Sambutan dari ketua Badan Pengurus Nasional Peruati, Pdt. Dr. Darwita Purba, dan dilanjut dengan ibadah/PA yang dipimpin oleh Ketua BPN Peruati. Dalam sesi PA, setiap peserta diajak untuk berimajinasi di dalam menafsirkan ayat PA yang tertulis di Markus 5:25-34. Ibadah PA berlangsung selama 75 menit. Selama sesi PA, seluruh peserta aktif berdiskusi dan bertanya jawab. Kegiatan dilanjutkan dengan sosialisasi Peruati yang dibawakan oleh Ketua BPN Peruati dan Ketua Badan Pengurus Daerah PASTI, Pdt. Desi Hutasoit. Sesi ini memperkenalkan Peruati, yakni sebagai wadah bagi para perempuan untuk berteologi.



Bagian akhir dari pertemuan ini adalah memilih Badan Pengurus Peruati Daerah Tapanuli.

Penasehat: Pdt. Sondang Napitupulu, M.Th., (Kantor Pusat HKBP) dan Pdt. Purnama Situmeang (Kantor Pusat HKBP). Badan Pengawas Keuangan: Pdt. Cynthia Situmeang (HKBP-Dosen IAKN), Diak. Emmy Aritonang (Staf STGH), Bvr. Asni Pasaribu (Kantor Pusat HKBP). Ketua: Bvr. Risma Sinaga,S.Th., M.Hum., (Kantor Pusat HKBP), Wakil Ketua: Pdt. Tetty Tambunan, S.Th., (Kantor Pusat HKBP), Sekretaris: Dr. Ratna Saragih (Dosen IAKN Tarutung). Wakil Sekretaris: Diak. Diana Malau (Staf STD HKBP). Bendahara: Pdt. Rencan Marbun (GKPI-Dosen IAKN).

Kepala Departemen Koinonia HKBP, Pdt. Dr. Deonal Sinaga, dalam hal ini sebagai Pimpinan HKBP yang menyelenggarakan kegiatan ini memberikan sambutan yang apresiatif terhadap terbentuknya Peruati daerah Tapanuli ini. Kendati beliau menyampaikan sambutan secara virtual karena sedang dalam perjalanan dinas di Jakarta, Pdt. Deonal Sinaga menyampaikan selamat untuk pengurus daerah Tapanuli yang baru terpilih dan akan dilantik pada waktunya, setelah SK dari Pengurus Nasional diterbitkan di kemudian hari. Acara Peruati ditutup dengan ibadah yang dipimpin Pdt. Resmina Sihombing, S.Th. (DK-AAS)


Pustaka Digital