Sekjen Inginkan ada Keharmonisan Sosial di Masyarakat Sekitar Warga Jemaat HKBP Sion Nauli Sosa


Sekretaris Jenderal Pdt David Farel Sibue MTh DMin memimpin Perayaan Puncak Tahun Parasinirohaon HKBP Ressort Sion Nauli Sosa Distrik I Tabagsel–Sumbar dan pembangunan rumah dan kantor dinas ressort pada Minggu (22/9). Di hadapan Bupati Padang Lawas, Ali Sutan Harahap, sebagai tamu undangan, Sekjen mengimbau warga jemaat HKBP se Ressort Sion Nauli Sosa untuk hidup berdampingan dengan masyarakat sekitar dengan memancarkan kasih Allah yang telah diterima pribadi lepas pribadi. Ia ingin ada keharmonisan sosial di masyarakat sekitar gereja. Sekjen juga menitipkan warga jemaat HKBP dan berbagai denominasi gereja lainnya yang berada di Kabupaten Padang Lawas kepada Bupati Ali Sutan Harahap. Sekjen berharap perlindungan dan perhatian terhadap warga masyarakat diterapkan secara adil.

Bupati Ali Sutan Harahap begitu menyambut positif agenda tahunan HKBP pada 2019 sebagai Tahun Parasinirohaon yang sedang dirayakan. Ia berharap parasinirohaon tidak hanya sebatas slogan, tapi dihidupi dalam jiwa seorang Kristen. Hal senada diucapkan oleh perwakilan DPRD dan Ketua Pemangku Adat. Kehidupan bersosial diperlukan di suatu daerah yang memiliki keragaman suku, budaya dan agama.

Sekjen bersama dengan Praeses HKBP Distrik I Tabagsel–Sumbar Pdt Horas YM Purba MTh didaulat oleh panitia untuk memberikan ulos kepada bupati, perwakilan DPRD, Sekda Kabupaten Sosa, pemangku adat dan para tetua warga setempat.

Panitia mulai melaksanakan kegiatan sejak Sabtu (21/9). Acara dihadiri oleh seluruh warga jemaat se Ressor Sion Nauli Sosa. Mereka menerima ulos secara langsung dari Sekjen Pdt David Sibuea. Rasa sukacita mereka ungkapkan lewat sumbangan keluarga bagi pembangunan rumah dan kantor dinas. Seluruh warga jemaat dilibatkan untuk memberikan dukungan, doa dan materi.

Seusai kegiatan Sabtu sore, Sekjen bersama dengan inang Br Hutagaol, Kepala Biro Informasi Pdt Arthur Lumbantobing STh, Staf Biro Informasi Pdt Daniel Manalu MSi dan Ezra Aruan, serta Staf Kantor Sekretariat Jenderal Pdt Jona Togatorop STh (Sekhus Sekjen), CPdt Hendra Silitonga dan CPdt Adolf Lago Napitupulu STh menginap di rumah warga jemaat Keluarga Sihombing/Br Lumbantobing dan Keluarga Tampubolon/Br Silitonga.

Acara puncak diadakan pada Minggu (22/9) dimulai dengan prosesi dari salah seorang rumah warga jemaat. Tampak anak-anak sekolah minggu dan remaja sudah bersiap dengan alat musik tiup untuk mengiringi barisan prosesi. Sambil diselimuti kabut asap kiriman dari lahan yang dibakar, barisan prosesi berjalan menuju halaman gereja. 

Barisan prosesi diisi oleh Sekjen dan inang, Praeses Pdt Horas Purba MTh dan inang,Pendeta HKBP Ressort Sion Nauli Sosa Pdt Simon Manurung STh dan inang, serta sintua.

Dalam khotbahnya, yang didasarkan dari Yosua 24: 13 – 25, Sekjen Pdt David Sibuea mengajak warga jemaat untuk tetap berpegang kepada Tuhan. Dalam bersosialisasi dengan masyarakat lainnya pun, Tuhan tetap menjaga orang percaya yang berharap kepadaNya. Ia juga mengingatkan, apabila sudah menjadi orang berhasil, diharapkan kepada warga jemaat tidak lupa untuk berbaur dan bersosialisasi dengan masyarakat sekitar yang memiliki perbedaan suku, budaya dan agama. Biro Informasi (dm)










comments

Leave a Reply

Pustaka Digital