"Siap do bagas ni halak na jungkat bahenon ni Jahowa, alai hot do ianggo talutuk ni boruboru na mabalu dihajongjonghon.

Rumah orang congkak dirombak TUHAN, tetapi batas tanah seorang janda dijadikan-Nya tetap."

Poda 15 : 25

Sekjend HKBP Menyampaikan Firman Tuhan di HKBP Bagan Batu Kota

BAGAN BATU, hkbp.or.id - Sekretaris Jenderal HKBP, Pdt. Victor Tinambunan mengunjungi jemaat HKBP Bagan Batu Kota melalui penyampaian khotbah dalam Ibadah Minggu. Kunjungan tersebut dalam rangka perjalanan dinas menuju Provinsi Pekanbaru (15/1/2023).


Khotbah yang disampaikan berdasar pada Kitab Yesaya 49: 1-7 tentang Hamba Tuhan sebagai terang di tengah-tengah bangsa.


Dalam khotbahnya, Pdt. Tinambunan menekankan tiga hal, yaitu:

Pertama, Siapa Tuhan kita?

Teks ini bercerita tentang Yesaya namun sekaligus menunjuk kepada Kristus. "Yesaya membawa terang Firman Allah kepada bangsa Israel pada masanya, namun Firman Tuhan dan Yesus sendiri mengatakan Akulah Terang Dunia (Yoh. 8:12)." Tuhan Yesus adalah terang yang memberikan kehidupan dan membimbing hidup kita setiap hari sampai selama-lamanya, terang Pdt. Tinambunan.

Kedua, apa yang diperbuat Tuhan bagi kita manusia?

Teks Yesaya bercerita tentang Bangsa Israel yang menerima Firman Allah melalui Yesaya. Demikian juga umat Kristen Batak, "Sejak awal Tuhan sudah menetapkan bahwa Firman Tuhan, Injil itu harus sampai ke Tanah Batak." Penekanan "angka bangso (Batak)" menunjukkan rencana Tuhan bahwa Injil harus sampai ke Tanah Batak sampai ke kita saat ini, jelas Pdt. Tinambunan.

Ketiga, Bagaimana kita menerima apa yang Tuhan perbuat bagi kita?

Tuhan Yesus, Sang Terang Dunia telah datang ke dunia memberikan kehidupan bagi kita. "Kamu adalah terang dunia karena Tuhan Yesus (Mat. 5: 14). Sebagai umat yang telah menerima Tuhan Yesus, hendaknya kita seperti Dia membawa kehidupan. Menjadi penopang kehidupan setiap hari."


Ibadah dilayani oleh Pdt. Efendi Silitonga selaku Pendeta Resort sebagai Liturgis.


Setelah ibadah seluruh majelis berfoto bersama dengan Pdt. Victor Tinambunan dan Inang.

(SKS-NS)


Pustaka Digital