"Martua ma sibahen dame, ai goaron do nasida anak ni Debata!

Berbahagialah orang yang membawa damai, karena mereka akan disebut anak-anak Allah."

Mateus 5:9

Sekjend HKBP: Tidak Perlu Repot Dengan Istilah Asingnya, Mari Lihat Fungsinya


DOLOKSANGGUL, hkbp.or.id - Sosialisasi penggunaan Virtual Account untuk pengiriman dana persembahan jemaat ke Kantor Pusat HKBP terus dilakukan oleh Sekretaris Jenderal HKBP, Pdt. Victor Tinambunan. Kali ini fungsionaris gereja se-Distrik Humbang mendengarkan penjelasan dari Pdt. Tinambunan tentang akuntabilitas pengelolaan keuangan di Kantor Pusat HKBP dan penggunaan Virtual Account untuk mendukung akuntabilitas tersebut (22/9/2021).


Bertempat di gedung gereja HKBP Resort Doloksanggul, kegiatan dimulai dengan ibadah yang dipimpin oleh Praeses Distrik III Humbang, Pdt. Daminna Lumbansiantar dan dihadiri sebanyak 23 peserta. 

Pdt. Tinambunan sendiri adalah putra Distrik III Humbang. Beliau berasal dari jemaat HKBP Siringoringo Resort Ebenezer Parluasan, Humbang.


Dalam diskusi, beberapa kali peserta kelihatan kesulitan mengucapkan "Virtual Account" karena kegiatan berlangsung dalam Bahasa Batak. Pdt. Tinambunan menyambut pertanyaan-pertanyaan tentang Virtual Account sambil menunjukkan fungsinya. "Tidak perlu repot dengan istilah asingnya, mari kita lihat fungsinya," jawab Pdt. Tinambunan.


Peserta antusias dengan penggunaan Virtual Account setelah mengetahui bahwa penggunaannya dapat menolong untuk terhindar dari kemungkinan dana diversen (dana masuk namun tidak jelas pengirim dan tujuan).


Pengelolaan keuangan yang transparan, akuntabel, dan efisien yang terus digalakkan oleh Pimpinan HKBP merupakan implementasi dari tanggung jawab seluruh warga jemaat dalam mengelola keuangan gereja karena "semua itu adalah uang Tuhan yang dititipkan untuk kita kelola," tegas Pdt. Tinambunan.

Sampai berita ini diturunkan, kegiatan masih berlanjut. (SKS-NS)

Pustaka Digital