"Martua ma sibahen dame, ai goaron do nasida anak ni Debata!

Berbahagialah orang yang membawa damai, karena mereka akan disebut anak-anak Allah."

Mateus 5:9

Sekjend HKBP: Transformasi Penatalayanan Menjadi Lebih Lincah dan Cepat


Tanjung Balai – Sekretaris Jenderal, HKBP, Pdt. Victor Tinambunan memaparkan program transformasi penatalayanan HKBP kepada fungsionaris gereja pada kegiatan Pemberdayaan Fungsionaris Regional III HKBP Distrik 13 Asahan Labuhan Batu (Aslab) di HKBP Tanjung Balai Kota.  Pada kesempatan kali ini, Pdt. Tinambunan mensosialisasikan pengelolaan keuangan Kantor Pusat HKBP dan sistem pengiriman Pelean II/Na Marboho melalui virtual account yang telah berjalan selama lebih kurang lima bulan. 



Kegiatan pemberdayaan di Distrik Aslab dibagi menjadi lima regional demi melaksanakan protokol kesehatan dan mengakomodasi gereja-gereja supaya tidak terlalu jauh ke tempat kegiatan berlangsung (31/8/2021).


Salah satu wujud transformasi penatalayanan adalah melalui pengelolaan keuangan yang transparan, akuntabel dan efisien. “Pengelolaan keuangan di Kantor Pusat HKBP berpegang teguh, sesuai dengan ajaran HKBP, bahwa uang tersebut adalah ‘uang Tuhan,’ oleh karena itu pengelolaan seperti ini (harus) turun ke distrik, resort, dan jemaat lokal,” papar Pdt. Tinambunan kepada 101 peserta yang terdiri dari pendeta, sekretaris jemaat, bendahara jemaat, sekretaris resort, dan bendahara resort.


Sekretaris Jenderal HKBP terus menjemaatkan penggunaan virtual account demi mendukung pengelolaan keuangan yang akuntabel karena dengan menggunakan virtual account, data keuangan akan terhindar dari kemungkinan data diversen atau data yang tidak jelas pengirim dan tujuan kirimannya. “Setiap resort telah memiliki nomor virtual accountnya masing-masing sehingga setiap pengiriman melalui nomor tersebut, Kantor Pusat HKBP akan langsung mengetahui siapa pengirimnya,” jelas Pdt. Tinambunan.



Di sela-sela pemaparan, Pdt. Tinambunan dan Pdt Winner Sitorus (Praeses) menyerahkan Piagam Penghargaan dari Kantor Pusat HKBP kepada HKBP Resort Air Batu sebagai pengguna pertama virtual account Bank Mandiri di Distrik XIII Aslab. Piagam penghargaan tersebut diterima langsung oleh Pdt. Natalina Nababan, Pendeta Resort HKBP Air Batu. Setelah pemaparan dari Pdt. Tinambunan, diadakan sesi tanya jawab tentang pengelolaan keuangan dan teknis penggunaan virtual account yang dimoderasi oleh Pdt. Budianto Sianturi.



Sampai berita ini diturunkan, pemaparan dari Pdt. Tinambunan masih berlanjut tentang penggunaan Aplikasi Database HKBP untuk mendukung pelayanan di jemaat. (SKS-NS)

Pustaka Digital