"Pesta Parningotan Ari Hananaek Ni Tuhan Jesus
Topik: Gabe Sitindangi Ni Kristus Tu Sandok Portibi On (Menjadi Saksi Kristus Sampai ke Ujung Bumi)"

Ev: Ulaon ni Apostel 1:6-11/Ep: Psalmen 68:8-19

Sekretaris Jenderal HKBP Lakukan Kunjungan Kerja Meninjau Perkebunan Sawit Milik HKBP

LIBO JAYA, hkbp.or.id

HKBP memiliki sebidang kebun sawit sejak lebih dari 10 tahun lalu seluas 50 hektare di daerah Desa Libo Jaya, Kecamatan Kandis, Kabupaten Siak, Provinsi Riau. Lahan di Desa Libo Jaya sendiri didominasi oleh perkebunan sawit milik berbagai pihak.

Kunjungan kerja Pdt Tinambunan ke perkebunan Libo Jaya dalam rangka meninjau langsung kondisi perkebunan dan bersilaturahmi dengan para pekerja kebun di sana. 

Dalam peninjauan ini, Pdt. Tinambunan didampingi oleh St. Joshua Hutauruk (anggota MPS), Amang Purba (rekan St. Joshua Hutauruk), dan Pdt. Sahat Siahaan (Pendeta Ressort HKBP Kandis - selaku perwakilan Kantor Pusat HKBP mengawasi kebun sawit tersebut). 


Dalam kunjungannya, Pdt Tinambunan dan rombongan bertemu dengan para pekerja kebun, yaitu 5 keluarga yang diamanatkan mengelola dan merawat kebun sawit HKBP ini. Mereka tinggal pada satu baris rumah berderet yang berada di samping kebun. Kelima keluarga ini berhubungan langsung dengan pengelola/pengontrak kebun sawit bukan ke Kantor Pusat HKBP. Tetapi sebagai pekerja di kebun milik HKBP, Sekjen HKBP berharap mereka merawat kebun tersebut dengan baik.


Pendeta Tinambunan berpendapat, jika sawit ini "pensiun" sekitar 10 tahun mendatang, dapat digantikan dengan tanaman produktif lain seperti durian, matoa dan lain-lain. Selain menghasilkan buah juga merawat alam ciptaan Tuhan.



Akses menuju kebun cukup jauh dari jalan utama kabupaten. Oleh karena itu para pekerja kebun akan pergi belanja kebutuhan secara berkala ke luar kebun.

Kepada para pekerja, Pdt. Tinambunan menekankan pentingnya pendidikan  anak-anak yang tinggal ditempat tersebut. Beliau menyampaikan bahwa jika ada kesulitan keuangan untuk pendidikan anak-anak, mereka dapat memberitahukannya melalui Pendeta Resort. Ada banyak warga HKBP yang terberkati dan terbuka hatinya memberi beasiswa. Membantu setidaknya hingga jenjang SMA.

Sebelum meninggalkan tempat, Pdt. Tinambunan memberikan sagu hati dari HKBP ala kadarnya kepada kelima keluarga pekerja kebun dan berfoto bersama dengan para pekerja kebun dan rombongan tim peninjau. 

SKS - JHB/NS



Pustaka Digital