"Di ari uju na jongjong ho di adopan ni Jahowa, Debatam, di Horeb, uju na nidok ni Jahowa tu ho; paluhut ma bangso i di Ahu, asa Ahu patubegehon tu nasida hatangKu, angka siparateatehononnasida, asa marhabiaran nasida mida Ahu saleleng mangolu nasida di tano on, asa diajarhon huhut tu angka anakhonnasida.

Yakni hari itu ketika engkau berdiri di hadapan Tuhan, Allahmu, di Horeb, waktu Tuhan berfirman kepadaku: suruhlah bangsa itu berkumpul kepada-Ku, maka Aku akan memberi mereka mendengar segala perkataan-Ku, sehingga mereka takut kepada-Ku selama mereka hidup di muka bumi dan mengajarkan demikian kepada anak-anak mereka."

5 Musa 4:10

Selama Dua Hari, Praeses HKBP Ikuti Kegiatan Pembinaan

Kegiatan praeses HKBP masih berlanjut di Gedung Raja Pontas Lumbantobing, Pearaja Tarutung. Setelah mengikuti rapat, praeses mengikuti kegiatan yang  disebut "Pembinaan Praeses" selama dua hari (11-12/2/2022). Kegiatan ini merupakan dukungan kepada praeses sebagai pemimpin yang kuat, tangguh, dan piawai dalam memimpin serta menyukseskan program pelayanan yang telah direncanakan.


Saat memberi sambutan pembinaan, Jumat (11/2/2021), Ephorus, Pdt. Dr. Robinson mengutarakan "sebaik apapun nilai-nilai dan aspirasi-aspirasi yang manusia miliki untuk mencapai kehidupan paling tinggi; itu tidak akan tercapai, jika tidak diikuti cara, metode, dan strategi yang baik. HKBP memiliki cita-cita yaitu agar iman warga HKBP bertumbuh sebagaimana disebut dalam misinya, "menjadikan murid Kristus sebagai pelaku Firman" dan visinya "menjadi berkat bagi dunia." 


"Mencapai misi dan visi itu, strategi HKBP pada periode ini diawali dengan pemberdayaan dan kesehatian. Agar sampai kepada nilai kesehatian diperlukan perubahan perilaku yang diwujudkan dua hal yaitu "kebangunan iman dan kebangunan hikmat," ujar Ephorus.


Ephorus memberitahukan kepada semua praeses bahwa narasumber-narasumber dalam pembinaan ini adalah orang-orang yang telah berhasil dalam memimpin di perusahaan dan  lembaga besar yaitu Albert Simanjuntak, Elisa Lumbantoruan, dan Jend. (Purn.) Luhut Binsar Panjaitan.


Pembinaan Praeses turut dihadiri Sekretaris Jenderal, Pdt. Dr. Victor Tinambunan, MST, Kepala Departemen Koinonia, Pdt. Dr. Deonal Sinaga, Kepala Departemen Diakonia, Pdt. Debora Purada Sinaga, M.Th, dan kepala-kepala biro.


Saat berita ini diturunkan, Albert Simanjuntak memaparkan materinya kepada Praeses dengan topik "United HKBP" yang penekanannya pada tiga hal: "leadership dialogue, healthy organization, dan change management refresh." (B-TIK)

Pustaka Digital