Seleksi Delegasi Pemuda dan Perempuan Mengikuti Sidang Raya World Council of The Churches (WCC) 2022

Pelaksanaan Seleksi Delegasi Pemuda dan Perempuan dibuka secara umum melalui pengumuman poster dan surat resmi di website HKBP (www.hkbp.or.id), pada tanggal 9 Maret 2021. Para kandidat yang ingin mendaftar pada seleksi ini mengisi form pendaftaran melalui google form yang dipersiapkan oleh Tim Seleksi dan mengirimkan Curriculum Vitae, Surat Rekomendasi Pendeta Ressort atau Praeses dari asal gereja yang bersangkutan terdaftar sebagai anggota gereja, serta tulisan berbahasa Inggris tentang tema Sidang Raya WCC yaitu “Christ’s Love Moves the World to Reconciliation and Unity”. Pelaksanaan Seleksi Delegasi ini adalah pertama kali yang dilakukan HKBP untuk mengutus delgasinya sebagai anggota organisasi Gereja se-dunia, secara khusus WCC diGeneral Assembly (Sidang Raya) yang akan dilaksanakan pada 31 Agustus – 8 September 2022 di Karlsruhe, Jerman. Adapun proses seleksi delegasi ini dimulai dengan pertama: Pendaftaran Peserta, kedua: Seleksi Adiministrasi oleh Tim Seleksi, ketiga: Seleksi Interaktif oleh Tim Seleksi Interaktif, dan yang terakhir keempat: Seleksi Final Wawancara oleh Pimpinan HKBP.


Proses pendaftaran para peserta berjalan dengan baik sampai penutupan pendaftaran yaitu pada Kamis, 18 Maret 2021 pukul 00.00 WIB. Berdasarkan data peserta yang mendaftar, ada 51 orang orang yang mendaftar untuk kategorial Naposobulung (Pemuda), dan ada 5 orang yang mendaftar untuk kategorial Parompuan (Ina-Perempuan). Dari 51 orang yang mendaftar untuk kategorial Naposobulung diantaranya 27 orang Perempuan dan 24 orang Laki-laki. 

Para peserta yang mendaftar untuk Kategori Naposobulung ini berasal dari 19 Distrik. Kelima orang peserta perempuan (parompuan) berasal dari 3 distrik.

Pada Jumat (19/3/2021), Tim Seleksi yang ditugaskan oleh Pimpinan HKBP, Pdt. Dr. Deonal Sinaga (Kepala Departemen Koinonia HKBP) terdiri dari Pdt Sondang Napitupulu, M.Th, (Kepala Biro Oikumene HKBP), Pdt Toho Sinaga, S.Th, M.I.Kom, (Kepala Biro Smirna HKBP), Pdt Dr. Enig Sonatha Aritonang (Kepala Biro Pembinaan), serta Pdt Tetty Tambunan, S.Th dan Pdt. Chris Desina Sianturi, S.Th (Staff Biro Oikumene), juga C.Pdt. Septian Napitupulu S.Th (Staff Biro TIK) melaksanakan seleksi pertama yaitu seleksi Administrasi. Beberapa hal administrasi yang harus diperhatikan pada seleksi ini, diantaranya syarat kategorial Pemuda yaitu umur peserta yang mendaftar 18 – 30 tahun sebelum pelaksanaan Sidang Raya WCC 2022, serta Tim Administrasi memeriksa keanggotaan gereja para peserta dengan memperhatikan Surat Rekomendasi dari Pendeta Ressort atau Praesesnya masing-masing. Selain itu, Tim Seleksi Administrasi juga memeriksa tulisan atau makalah para peserta yang berhubungan dengan Tema WCC 2022. Penilaian pada tahap ini mencakup kemampuan para peserta dalam menggunakan bahasa Inggris (writing), kesinambungan naskah atau makalah para peserta, dan yang paling penting adalah keakuratan tulisan para peserta (original tulisan para peserta).


Melalui tahap seleksi administrasi dan tulisan ini, ada 35 orang untuk kategorial Naposobulung dan 5 orang untuk kategorial Parompuan yang dinyatakan lulus seleksi untuk mengikuti tahap selanjutnya. Pengumuman para peserta yang lulus ke tahap selanjutnya diumumkan pada hari yang sama (Jumat,19/03) pukul 21.00 WIB yang dikirimkan kepada seluruh peserta yang mengikuti pendaftaran. 



Peserta yang lulus seleksi Administrasi dan Tulisan ini bertemu untuk melaksanakan Seleksi Interaktif melalui zoom meeting pada Sabtu (20/3) mulai pukul 14.00 WIB. Tim Penguji untuk Seleksi Interaktif ini adalah Pdt. Sondang Napitupulu, Pdt. Enig Aritonang, dan Pdt. Toho Sinaga. Para Tim Penguji meminta para peserta untuk menjelaskan kembali tentang tulisan mereka selama 2 menit, serta Tim Penguji bertanya tentang bagaimana tema Sidang Raya WCC yang sudah mereka tuliskan itu dapat diaplikasikan pada konteks di Indonesia secara khusus di HKBP. Hal yang paling penting untuk dinilai pada tahap ini adalah kemampuan berbahasa Inggris (speaking) serta kemampuan peserta memahami konteks mereka masing-masing untuk menerapkan tema Sidang Raya WCC 2022 (follow-up).




Yang lulus pada Tahap Seleksi Interaktif ini 3 orang utusan Kategorial Pemuda, dan 3 orang utusan Kategorial Parompuan. Namun, pada tahap ini, Ompui Ephorus HKBP mengambil kebijakan dengan mengeluarkan surat diskresi menimbang perlunya ada gender balance untuk kategorial Naposobulung karena 3 urutan terbaik adalah Laki-laki. Oleh karena itu, Tim Seleksi atas arahan Ompui Ephorus menambahkan urutan keempat (perempuan) untuk ikut masuk ke tahap Seleksi Final Wawancara dengan mengeluarkan Surat Revisi Pemberitauan. 




Pada tahap seleksi Final Wawancara oleh Pimpinan HKBP, Ompui Ephorus Pdt. Dr. Robinson Butarbutar dan Kepala Departemen Koinonia Pdt. Dr. Deonal Sinaga, dengan nama peserta untuk delegasi Naposobulung adalah Gerald Haruman Tanjung (HKBP Tebet Dist. VIII Jakarta), Boy Kresendo Situmorang (HKBP Aek Kanopan Dist. XIII Aslab), Mikhael Sihotang (HKBP Malang Dist XVII IBT), dan Ernisa Maranatha Nainggolan (HKBP Slipi Dist. VIII DKI Jakarta). Peserta untuk Kategorial Parompuan adalah Gabriella Ruth Debora Tampubolon (HKBP Pardomuan Dist X Medan Aceh), Tiurida Hutabarat (HKBP Lippo Karawaci Dist. XXI Banten), dan Dinar Imelda Kartika Simbolon (HKBP Tebet Dist. VIII DKI Jakarta). Seleksi terakhir ini dilaksanakan pada Selasa. 23 Maret 2021 melalui zoom meeting pukul 10.00 WIB. Seleksi wawancara ini dipimpin langsung oleh Ompui Ephorus HKBP, Pdt. Dr. Robinson Butarbutar dan Kepala Departemen Koinonia HKBP, Pdt Dr Deonal Sinaga yang didampingi oleh Tim Seleksi. Pada seleksi wawancara final, Pimpinan HKBP bertanya secara spesifik tentang “apa kontribusi para calon delegasi untuk dilakukan pada konteks gereja di Indonesia, secara khusus di HKBP”. Seleksi wawancara final ini disiarkan langsung diakun Youtube HKBP.




Dengan melaksanakan proses yang panjang ini, Pimpinan HKBP mempertimbangkan dan memutuskan delegasi Pemuda yang menjadi utusan HKBP adalah Ernisa Maranatha Nainggolan dari HKBP Slipi Ressort Slipi Distrik VIII DKI Jakarta dengan memperoleh skor 46,8 unggul dari 3 orang peserta lainnya. Delegasi Perempuan yang menjadi utusan HKBP adalah ­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­Dinar Imelda Kartika Simbolon dari HKBP Ressort Tebet Distrik VIII DKI Jakarta dengan memperoleh skor 45,8 unggul dari 2 orang peserta lainnya, untuk mengikuti Sidang Raya WCC 2022 diKarlsruhe, Jerman.




Dengan berakhirnya pelaksanaan delegasi ini, HKBP melakukan transformasi pengutusan delegasi dalam mengikuti kegiatan oikumene. Antusias serta semangat para peserta yang mendaftar meskipun belum lulus dapat ditampung menjadi bagian program Biro Oikumene yaitu Kaderisasi Calon Pemimpin Oikumene di HKBP. Melalui selesi delegasi ini, para Tim Seleksi juga menyadari bahwa HKBP mempunyai banyak sekali sumber daya potensi yang sangat berkualitas dalam bidangnya dan dapat diberdayakan untuk pelayanan HKBP yang lebih baik.




Pimpinan HKBP bersama dengan Tim Seleksi mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta yang telah ikut ambil bagian dalam pelaksanaan seleksi delegasi ini, dan Selamat Mempersiapkan diri kepada Delegasi Pemuda dan Delegasi Perempuan yang lulus dan terpilih untuk mengikuti Sidang Raya WCC 2022. Tuhan Memberkati.

 

Koresponden: Pdt. Chris Desina Sianturi (Staff Biro Oikumene HKBP)

comments