"Di ari uju na jongjong ho di adopan ni Jahowa, Debatam, di Horeb, uju na nidok ni Jahowa tu ho; paluhut ma bangso i di Ahu, asa Ahu patubegehon tu nasida hatangKu, angka siparateatehononnasida, asa marhabiaran nasida mida Ahu saleleng mangolu nasida di tano on, asa diajarhon huhut tu angka anakhonnasida.

Yakni hari itu ketika engkau berdiri di hadapan Tuhan, Allahmu, di Horeb, waktu Tuhan berfirman kepadaku: suruhlah bangsa itu berkumpul kepada-Ku, maka Aku akan memberi mereka mendengar segala perkataan-Ku, sehingga mereka takut kepada-Ku selama mereka hidup di muka bumi dan mengajarkan demikian kepada anak-anak mereka."

5 Musa 4:10

Sembilan Sinode Gereja Di Sumatera Utara Bersatu Dalam Tindakan, Walk a Mile dan KKI Kaum Bapak HKBP

Perayaan United Action (Bersatu di dalam Tindakan) diselenggarakan Sembilan Sinode Gereja di Sumatera Utara yang tergolong anggota United Evanggelical Mission (UEM), HKBP, HKI, GPKB, GBKP, BNKP, GKPS, GKPI, GKPA dab  GKPPD. Kegiatan ini merupakan program rutin UEM setiap tahunnya. Gereja-gereja anggota UEM akan silih berganti menjadi tuan dan nyonya rumah. Perayaan United Action, Jumat (22/4_2022) dirangkai dengan kegiatan Walk a Mile (berjalan satu mil) dan Kebaktian Kebangunan Iman Kaum Bapak di mana yang menjadi tuan dan nyonya rumah adalah HKBP. 


Walk a mile di mulai dari HKBP Sipitupitu menuju Perkampungan Pemuda HKBP Jetun Silangit.  Ephorus HKBP, Pdt. Dr. Robinson  Butarbutar memimpin walk a mile yang turut diikuti  pimpinan HKBP lainnya, Sekjen UEM, Rev. Volker Martin Dally,  Pengurus UEM Regional Asia, Pimpinan Gereja-gereja lain, termasuk Pimpinan Gereja GKPM, perwakilan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Toba, peserta pejalan kaki utusan dari 9  sinode Gereja dan sekitar empat ratusan Kaum Bapak HKBP.

Rev. Volker Martin Dally  mengungkapkan melalui kegiatan walk a mile  gereja-gereja yang berbeda dapat bersatu dan bersama dalam persaudaraan menopang pelayanan UEM untuk masyarakat kecil, khususnya menopang anak-anak yang kurang mampu, anggota gereja-gereja UEM di seluruh dunia.


Program rutin walk a mile menjadi salah satu cara sembilan Sinode Gereja mengadakan fund  rising (penggalangan dana)  untuk membantu pelayanan misi UEM. "Progam ini sangat penting, walk a mile memperlihatkan, di UEM disebut United Action, bersatu dalam tindakan  dan  kebersamaan memperhatikan anak-anak yang kehilangan kesempatan untuk dimajukan" ungkap Ompu i Ephorus.


Ibadah Kebaktian Kebangunan iman (KKI) Kaum Bapak HKBP dilayankan Praeses HKBP Distrik XVI Humbang Habinsaran, Pdt. Darna Lumbantobing sebagai Liturgis dan khotbah disampaikan Sekretaris Jenderal, Pdt. Victor Tinambunan, MST.  Pdt. Victor menyebutkan KKI  merupakan terjemahan "parheheon. Kali ini adalah parheheon ama.  dengan "parheheon ama.  "Hanya karena dari Tuhan yang bangkit itu menjadi sumber sukacita, kebahagiaan dan energi bagi kita untuk jadi berkat," tegas Pdt. Victor dalam khotbahnya.



Ibadah KKI diikuti peserta walk a mile dan Bapak dari distrik-distrik HKBP seputaran Tapanuli Raya. Turut hadir Dr. Sihar Sitorus, Anggota DPR RI dan berpartisipasi membantu pendanaan kegiatan tersebut dan partisipasi lainnya diumumkan Ompu i Ephorus di antaranya dari Kombes Maruli Siahaan, Victor Silaen, Manajer PLN. Sebelum kegiatan, walk a mile dan KKI, di Perkampungan Pemuda HKBP Jetun Silangit diadakan Bazaar UMKM kerjasama HKBP dengan BPODT. (B-TIK)



Pustaka Digital