Seminar Sehari Ama Lansia Distrik Medan Utara, Sekjen: Ada Dua Penghambat Terbesar di dalam Kesehatian

Sekretaris Jenderal HKBP Pdt Dr Victor Tinambunan MST memberikan pembekalan kepada 267 peserta Seminar Sehari Ama Lansia HKBP Distrik XXXI Medan Utara, bertempat di Gereja HKBP Griya Martubung Resort Medan Martubung, pada Kamis (1/9/2022). 


Didampingi Praeses Pdt. Suwandi Sinambela, S.Th, M.Psi dan moderator Dr Nalom Siagian MM, Pdt. Victor, sebagai keynote speaker, menyampaikan sesi bertopik Kesehatian di dalam Tuhan. “Ada dua penghambar terbesar di dalam kesehatian,” tuturnya. Lebih lanjut lagi, Pdt. Victor menjabarkan dua penghambat tersebut yaitu pementingan diri sendiri dan mencari puji-pujian yang sia-sia. Selama memberikan materi, peserta tampak serius memperhatikan keterangannya slide demi slide.

Peran kaum bapak dan lansia di dalam gereja tidak dapat dilepaskan dengan tugas dan tanggung jawabnya di dalam keluarga. Pdt. Victor mengutip petikan St. Agustinus-Hippo yang mengatakan, percayakanlah masa lalu ke dalam belas kasihan Tuhan, percayakanlah masa kini ke dalam perlindungan Tuhan, percayakanlah masa depan ke dalam pemeliharaan Tuhan.


Selain pemateri dari Sekjend HKBP, pada sesi berikutnya seminar dibagi menjadi, yaitu khusus kepada Persekutuan Kaum Bapak Distrik yang disampaikan oleh Pdt. Dr. Bonar Napitupulu (Ephorus Emiritus) dengan topik Ama na Marsahala. Persekutuan Kaum Lansia Distrik yang disampaikan Sintua Prof Dr Ir Ponten Naibaho MSC MPak MTh dengan topik Lansia Berguna dan Berbahagia.

Setelahnya, dilakukan permainan kecil untuk menghimpun persatuan dan kesehatian sesama peserta karena berasa dari 43 gereja. Kegiatan permainan ini didukung oleh Tim dari Universitas HKBP Nommensen Medan dan dari Universitas Negeri Medan.

Seluruh rangkaian kegiatan ini merupakan salah satu program Tahun Kesehatian Distrik yang diketuai oleh Ganda Simbolon, SE (warga jemaat HKBP Immanuel Sei Mati), Wakil Ketua Pdt Ramli Nababan STh (Pendeta HKBP Resort Efrata Martubung), Sekretaris Sintua Gamaliel Siregar (Sekretaris Jemaat HKBP Griya Martubung) dan Wakil Sekretaris Pdt Willyam Limbong STh (Pendeta di HKBP Immanuel Sei Mati), Ketua Persekutuan Kaum Bapak Distrik St. MF. Pardede dan Ketua Persekutuan Lansia Distrik, Abosden Gurning.


Diakhir sesi, Sekjend Victor Tinambunan mendapatkan kenang-kenangan dari panitia dan disambut tepuk tangan riuh peserta. (Pdt. Suwandi Sinambela dan Pdt. Daniel Libertson Manalu)