"Dibahen i, ndang marnaloja hami; ai lam tu burukna pe hajolmaonnami parduru i, anggo parbagasan i ariari do dipaimbaru.

Sebab itu kami tidak tawar hati, tetapi meskipun manusia lahiriah kami semakin merosot, namun manusia batiniah kami dibaharui dari sehari ke sehari."

2 Korint 4:16

Sinode HKBP Distrik II Silindung – Desember 2021

Rabu-Kamis, 08-09 Desember 2021.

HKBP Distrik II Silindung menyelenggarakan Sinode Kerja yang bertempat di HKBP Dame Sait ni Huta Resort Dame Sait ni Huta. Sebanyak 142 peserta Sinode turut menyemarakkan Sinode Distrik ini. Peserta diantaranya adalah Praeses, 3 Kepala Bidang (Koinonia, Marturia, Diakonia), Sekretaris & Bendahara Distrik, Anggota MPSD, Utusan Guru Huria-Bibelvrouw-Diakones, Ketua Guru Huria, Ketua STGH, Kepala Balitbang, Ketua & Sekretaris PPND, Ketua & Sekretaris PPD, Anggota MPS, Seluruh Pendeta Resort, satu orang utusan Sintua dari setiap Resort dan satu orang utusan warga jemaat dari setiap Resort.



Sinode Distrik diawali dengan Ibadah Pembukaan yang diakhiri dengan Perjamuan Kudus, yang dipimpin oleh Pdt. Robinsarhot Lumbangaol, S. Th, MM. Pada khotbahnya yang berangkat dari Filipi 2:2, beliau menyampaikan: kesehatian adalah implikasi yang teramat kuat dari kesatuan dalam Kristus, kasih sayang, dan belas kasih. Sifatnya timbal balik, bukan hanya sekedar rantai rasional, tetapi sebagai dorongan yang bergairah dan kasih. Timbal balik inilah yang mendorong terpenuhinya sukacita Paulus. HKBP menjadikan ayat ini sebagai tema pijakan dalam merayakan kesehatian sebagai tahun pelayanan 2022. Kesehatian dan kesetiakawanan, sosial HKBP beranjak dari pengalaman bersama Kristus, tidak terpisahkan dari hubungannya dengan Injil. Betapa pentingnya kesehatian ini dipandang sebagai hasil dari persekutuan kita di dalam Roh Kudus, sebagaimana diterangkan dalam Konfessi HKBP tentang Huria, “alani i, holan dibagasan Kristus do marojahan hasadaon, ai ndang songon hasadaon portibi na somal na nidokna disi, alai hasadaon partondion do ni onjar ni hasadaon partondion i patar ma hasadaon di bagasan ngolu haporseaon, pandidion, panghirimon roha na masiantusan”. Kesehatian dan kesatuan di dalam Kristus tidak sama dengan kesehatian dunia ini, melainkan kesehatian dan kesatuan yang didorong oleh kesatuan di dalam Roh.


Ibadah dilanjutkan dengan Perjamuan Kudus yang dilayani oleh Pdt. Robinsarhot Lumbangaol, Pdt. Japaris Nainggolan, Pdt. Herbina Sitompul, dan Pdt. Renny Simanjuntak.

Sinode kali ini mengusung Tema: “Sehati sepikir, dalam satu kasih, satu jiwa, satu tujuan” (Filipi 2:2) dan Sub-Tema: “Mewujudkan kesehatian dan kesetiakawanan bagi masyarakat dan bangsa” – Sesuai dengan Tema dan Sub-Tema Tahun Orientasi HKBP 2022.

Ephorus HKBP memberikan ceramah Tema dan Sub-Tema yang didasarkan pada Filipi 2:2. Dalam ceramahnya, Ephorus menyampaikan bahwa yang menjadi prioritas di Tahun Kesehatian 2022 adalah Sentralisasi Keuangan HKBP, Dana Pensiun HKBP, Tanggap Bencana, Pelayanan Kaum Difabel, Membangun Stasiun Missi (menyiapkan missonaris untuk daerah yang patut), Meningkatkan SDM Pemuda, termasuk HKBP Mart dan Jetun Silangit, serta KKR.


Pada sesi kedua, Praeses HKBP Distrik II Silindung menyampaikan Laporan Pelayanan, Program Kegiatan, dan Anggaran HKBP Distrik II Silindung Tahun 2021. Sepanjang Tahun Pemberdayaan ini, HKBP Distrik II Silindung telah berupaya semaksimal mungkin guna mensukseskan visi “menjadi berkat bagi dunia serta sebagai pelaku Kristus”. Meskipun di tengah Pandemi Covid-19, berbagai program kegiatan dapat berjalan dengan baik, diantaranya: Pemberdayaan/Pembinaan Parhalado tingkat Resort, Penyelamatan Dana Pensiun HKBP, Sermon/Konven dan Pertukaran Pelayan Mimbar, Rapat Pendeta Distrik, Peresmian Kantor Gereja dan Peresmian Huria, Pemekaran Resort, serta Gerakan Lintas Agama-agama. Terkhusus dalam penyelamatan Dana Pensiun HKBP, HKBP Distrik II Silindung berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp. 316.158.500,- (dilakukan dengan pengumpulan persembahan khusus sekali sebulan dari tiap-tiap gereja), ditambah Rp. 23.605.000,- (dana partisipasi dari pelayan penuh waktu se-Distrik).


Di hari kedua, Sinode memutuskan dan menetapkan yang akan menjadi Program Kerja dan Anggaran HKBP Distrik II Silindung untuk tahun 2022, secara khusus demi terwujudnya Program Tahun Kesehatian HKBP.

Sebagai salah satu gereja HKBP yang memiliki sejarah istimewa, kegiatan Sinode HKBP Distrik II Silindung ini menjadikan Gereja HKBP Dame Sait ni Huta Resort Dame Sait ni Huta kembali mengukir satu sejarah baru yang kelak akan diingat oleh para penerus generasi HKBP (khususnya warga jemaat HKBP Dame Sait ni Huta).


(sd_hd2s)

Pustaka Digital