"Di ari uju na jongjong ho di adopan ni Jahowa, Debatam, di Horeb, uju na nidok ni Jahowa tu ho; paluhut ma bangso i di Ahu, asa Ahu patubegehon tu nasida hatangKu, angka siparateatehononnasida, asa marhabiaran nasida mida Ahu saleleng mangolu nasida di tano on, asa diajarhon huhut tu angka anakhonnasida.

Yakni hari itu ketika engkau berdiri di hadapan Tuhan, Allahmu, di Horeb, waktu Tuhan berfirman kepadaku: suruhlah bangsa itu berkumpul kepada-Ku, maka Aku akan memberi mereka mendengar segala perkataan-Ku, sehingga mereka takut kepada-Ku selama mereka hidup di muka bumi dan mengajarkan demikian kepada anak-anak mereka."

5 Musa 4:10

Soft Launching Produk Ekonomi Kreatif Berbasis Daur Ulang di Perkampuangan Pemuda Jetun Silangit

Sebanyak 23 orang pemuda-pemudi HKBP yang berasal dari distrik sekitaran Danau Toba dilatih tentang ekonomi kreatif berbasis daur ulang di  Perkampungan Pemuda HKBP Jetun Silangit. Pelatihan telah berlangsung selama 2 minggu. Di waktu yang begitu singkat, pemuda  HKBP telah menghasilkan karya yang cantik dan menarik.


Bertempat di convention hall di area itu dilaksanakan soft launching ekonomi kreatif berbasis daur ulang dan pameran karya pemuda HKBP. Kegiatan soft launching ini (16/8/2021) didukung Badan Pengelola Otorita Danau Toba (BPODT) dan HKBP Menteng jl. Jambu Jakarta. Direktur Utama BPODT, Jimmi Panjaitan menyampaikan karya-karya ekonomi berbasis daur ulang di kawasan Danau Toba bernilai tinggi akan difasilitasi sampai ke luar negeri.


Kegiatan ini  dihadiri Bupati dan Forkompinda Tapanuli Utara. Bupati, Drs. Nikson Nababan sangat mendukung yang digagas HKBP dalam menyemangati generasi pemuda. Pemda Tapanuli Utara akan mendukung sepenuhnya program HKBP dan nantinya HKBP mendukung Pemda Taput.


Di kesempatan itu juga, Bupati menyerahkan Bantuan Siap Membangun Selaras Alam, bibit tanaman, bibit ternak dan bibit ikan. 


Ephorus berterima kasih kepada Dirut  BPODT dan  Forkompinda Tapanuli Utara.  Bupati  memiliki cita-cita luhur untuk daerah  ini, yaitu menjadikan daerah Tapanuli Utara sebagai lumbung pangan dan lumbung sumber daya manusia (SDM). "Marilah kita berdoa agar secepatnya berdiri Universitas Negeri di Tapanuli Utara," ajak Ephorus. 


"Sekarang ini kita berada di masa-masa sulit. Tapi di masa-masa sulit ini,  kuasa Allah  menggerakan kita untuk berbuat.  Tuhan menyertai dan  mencurahkan berkatNya agar umatNya menang menghadapi kesulitan karena pandemi Covid-19.  Di sinilah kita dituntut bergegas, bekerja keras, berkolaborasi dan saling menopang, sebut Ephorus


Mensyukuri berjalannya kegiatan hari ini dan pemberian bantuan Pemda Taput, Pdt. Agus Simanullang menyampaikan terima kasih atas dukungan BPODT  dan bantuan Pemda Tapanuli Utara. Selanjutnya diadakan penaburan bibit ikan di kolam di area Perkampungan Pemuda HKBP Jetun Silangit. (B-TIK)



Pustaka Digital