Sorotan Dari Pertemuan Persekutuan Lutheran Tahun 2023 dan Komitmen Bersama Untuk Masa Depan

(LWI) – Federasi Lutheran Dunia (LWF) telah menerbitkan Laporan Majelis Ketigabelas tahun 2023. Publikasi tersebut, yang telah dibagikan kepada gereja-gereja anggota dan badan-badan pemerintahan LWF, menyoroti momen-momen penting dari badan pengambil keputusan tertinggi LWF dan komitmen prioritas organisasi tersebut untuk tujuh tahun ke depan.


Sekretaris Jenderal LWF Pendeta Dr Anne Burghardt mengundang gereja-gereja untuk “membaca laporan ini dengan perspektif mengenai komitmen yang telah dibuat bersama oleh gereja-gereja, dan bagaimana komitmen tersebut dapat diterapkan dalam kesaksian persekutuan Lutheran di tingkat gereja lokal dan global.”


Sidang tersebut diadakan, 13-19 September, Gereja Evangelis Pengakuan Iman Augsburg di Polandia, di kota Kraków menjadi tuan rumah kegiatan ini.


Dengan tema pertemuan – “Satu Tubuh, Satu Roh, Satu Harapan” – laporan ini merupakan kompilasi dari hasil-hasil utama: pesan, pernyataan publik dan resolusi; pidato utama dan presentasi lainnya mengenai tema pertemuan; dan laporan mengenai pekerjaan LWF selama periode tujuh tahun. Juga ditampilkan adalah ibadah harian dan pembelajaran Alkitab; sebuah sesi yang didedikasikan untuk keterlibatan ekumenis LWF; dan salam dari gereja dan kota tuan rumah, dan dari mitra ekumenis dan pembangunan.


 Sidang Ketigabelas ini merupakan yang kedua sejak berdirinya LWF yang diadakan di Eropa Timur Tengah. Konteks regional dan lokal terekam dalam kebaktian hari Minggu di berbagai jemaat di Polandia, negara tetangga, Republik Ceko, dan Slovakia. Tur dan doa khusus di Memorial dan Museum Auschwitz-Birkenau, juga merupakan cara untuk meratapi kekerasan di bekas kamp konsentrasi Nazi, dan sebagai pengingat komitmen terhadap pembaruan dan rekonsiliasi.


Lebih dari 1.300 perempuan, laki-laki dan pemuda, termasuk 327 delegasi dari 150 gereja anggota LWF menghadiri Sidang Ketigabelas. Laporan tersebut mencakup berbagai foto peserta dan presenter, dan masih banyak lagi yang tersedia di album Majelis di perpustakaan foto online LWF.


Baca laporan Pertemuan Persekutuan Lutheran 2023 di Sini

Baca berita ini dalam Bahasa Inggris di Sini

Pustaka Digital