"Ai Ahu do donganmu,” ninna Jahowa, “laho paluahon ho; ai sun siap do bahenonHu saluhut bangso parbegu haambolonganmu na Hubahen i na sai laon, alai anggo ho ndang siap bahenonHu; ingkon pinsangonHu do ho nian hombar tu uhum, jala ndang tarbahen so toruanHu ho.

Sebab Aku menyertai engkau, demikianlah firman TUHAN, untuk menyelamatkan engkau: segala bangsa yang ke antaranya engkau Kuserahkan akan Kuhabiskan, tetapi engkau ini tidak akan Kuhabiskan. Aku akan menghajar engkau menurut hukum, tetapi Aku sama sekali tidak memandang engkau tak bersalah."

Jeremia 30:11

Syukuri 127 Tahun Pemberitaan Injil, HKBP Sibuntuon Dirikan Gedung Sekolah Minggu


Sibuntuon, HKBP.or.id - Demi memastikan pemberitaan Injil terus berkobar dan berbuah bagi setiap generasi, HKBP Sibuntuon mendirikan gedung Sekolah Minggu sebagai tugu hidup penginjilan di Sibuntuon. 

Peresmian tersebut dilaksanakan tepat pada Perayaan Paskah 17 April 2022, sekaligus Syukuran 127 tahun Pekabaran Injil di HKBP Sibuntuon.


Ibadah Paskah dan Syukuran tersebut dilayani oleh Ephorus HKBP, Pdt. Dr. Robinson Butarbutar, bersama Praeses HKBP Distrik XVI Humbang Habinsaran, Pdt. Darna Lumbantobing dan Pendeta HKBP Resort Lintongnihuta Habinsaran. 

"Kebangkitan Yesus Kristus dari kematian menjadi jaminan penyertaan Tuhan bagi orang percaya menghadapi setiap pergumulan hidup. Kebangkitan itu juga akan menggulingkan segala penutup dan segala ketidakmungkinan yang merintangi hidupmu," ungkap Ephorus merefleksikan firman Tuhan yang tertulis di Lukas 24:1-12.


Sejarah yang telah terukir lama tersebut sungguh tercatat dengan baik. Setelah Injil tersiar di wilayah Rura Silindung, maka pada tahun 1890, Rasul Orang Batak, Pdt. I.L. Nommensen, mengutus Guru Samuel Siregar ke desa Sibuntuon. Empat tahun setelah itu, tepatnya 15 Juli 1894, dilayankan baptisan kudus pertama kepada 42 orang. Hari itu ditetapkan sebagai hari berdirinya gereja ini.

Panitia menjelaskan, bahwa gedung sekolah minggu ini digagas pada tahun 2018 untuk memastikan pengajaran iman dan karakter Kristiani kepada 514 anak sekolah minggu, dari 408 kepala keluarga terlaksana dengan baik.


"HKBP Sibuntuon luar biasa. Gedung ini kiranya juga dipakai untuk mempersiapkan anak-anak pada khususnya, dan seluruh warga jemaat pada umumnya, untuk mengikuti pelatihan-pelatihan dan les bahasa asing. Sehingga anak-anak Sibuntuon ssmakin menjadi berkat di hari yang akan datang," pungkas Ephorus dalam bimbingan pastoralnya.

Turut hadir dalam acara peresmian ini, Ir. Lamhot Sinaga, anggota DPR RI 2019-2024, yang tumbuh di HKBP Sibuntuon. Tak hanya itu, mewakili pemerintah setempat, turut hadir Wakil Bupati Humbang Hasundutan, Oloan Paniaran Nababan, SH, MH. (SKE_JFS)



Pustaka Digital