"Di ari uju na jongjong ho di adopan ni Jahowa, Debatam, di Horeb, uju na nidok ni Jahowa tu ho; paluhut ma bangso i di Ahu, asa Ahu patubegehon tu nasida hatangKu, angka siparateatehononnasida, asa marhabiaran nasida mida Ahu saleleng mangolu nasida di tano on, asa diajarhon huhut tu angka anakhonnasida.

Yakni hari itu ketika engkau berdiri di hadapan Tuhan, Allahmu, di Horeb, waktu Tuhan berfirman kepadaku: suruhlah bangsa itu berkumpul kepada-Ku, maka Aku akan memberi mereka mendengar segala perkataan-Ku, sehingga mereka takut kepada-Ku selama mereka hidup di muka bumi dan mengajarkan demikian kepada anak-anak mereka."

5 Musa 4:10

Tekad Bersama Departemen Diakonia & HKBP Trinity, Mandala: Jadikan HKBP Trinity Sebagai Huria Diakonia

Medan, 6 Desember 2021

Kepala Departemen Diakonia HKBP, Ibu Pdt. Debora Purada Sinaga, M. Th bersama Kabiro Charitas Emegency, Pdt. Osten Matondang dan tim Departemen Diakonia HKBP melakukan kunjungan ke HKBP Trinity Mandala, Medan. Kedatangan tim Departemen ingin menyapa jemaat HKBP Trinity yang sangat terdampak pandemi Covid-19.


Berdasarkan perbincangan dengan Pdt. Marudut Sihombing, Pendeta Resort HKBP Trinity, menyatakan bahwa Covid-19 telah mengguncang jemaat yang kebanyakan bekerja sebagai pemulung. Namun sekalipun demikian, Bapak Pdt. Marudut Sihombing bersikap optimis, terlebih dengan kehadiran tim Departemen Diakonia HKBP. Pdt. Sihombing mengatakan bahwa jemaat Trinity tidak diizinkan datang ke gereja untuk bertemu dengan tim Departemen Diakonia dengan menggunakan baju lusuh, karena mereka tidak boleh "menjual kemiskinan" untuk meminta bantuan. Jemaat harus menggunakan pakaian yang layak karena tujuan kedatangan tim Departemen Diakonia bukan hanya untuk memberi bantuan, namun juga topangan doa dan kepedulian. Kedatangan Departemen Diakonia adalah bentuk perhatian dan bukti berharganya jemaat HKBP Trinity di tengah medan pelayanan HKBP, khususnya Departemen Diakonia.



Dalam perjumpaan tersebut, Ibu Diakones Emmy Aritonang mengajukan ide untuk meningkatkan kepedulian jemaat terhadap kebersihan lingkungan. Ide ini tidak dapat terlepas dari kondisi lokasi sekitar yang cukup kumuh dan kotor. Ide tersebut disambut baik oleh Ibu Kadep Diakonia dan majelis jemaat HKBP Resort Trinity. Kedua pihak sepakat, di tahun 2022 akan menjadikan gereja Trinity sebagai gereja Diakoni yang memberi contoh bagi gereja lainnya. Untuk mewujudkannya, harus dimulai dengan kepekaan terhadap lingkungan yang lebih bersih dan sehat bagi jemaat dan warga sekitar.

HKBP menjadi berkat


Pustaka Digital