"Ai pos situtu do rohana: Tuk do gogo ni Debata patupahon na pinarbagabagaNa i.

Dengan penuh keyakinan, bahwa Allah berkuasa untuk melaksanakan apa yang telah Ia janjikan."

Rom 4 : 21

ToT Literasi Digital Hari Kedua

Training of Trainers (ToT) Literasi Digital memasuki hari kedua (08/06/2022). Kegiatan dibuka dengan ibadah pagi yang dilayani oleh Cal. Pdt. Retno Manik, S.Th. Pada kesempatan kali ini peserta dipersiapkan untuk menjadi narasumber literasi digital di tempat pelayanan masing-masing dengan diberikan pembelajaran mengenai public speaking dari Ibu Heni Mulyati. Peserta diajak untuk duduk bersama dalam posisi duduk letter U agar mempermudah mendapatkan pengajaran mengenai public speaking.


Sebelum dimulai kelas public speaking peserta diajak untuk mengingat kembali pembelajaran yang telah diberikan kemarin. Sehingga pembicara dapat mengetahui sejauh mana peserta menangkap informasi dari sesi-sesi kemarin. “Kendala yang biasa terjadi dalam public speaking adalah gugup, belum terbiasa dengan orang-orang baru, dan lupa bahan. Oleh sebab itu, sangat penting untuk mempersiapkan bahan dan materi dengan baik. Usahakan untuk membuat poin-poin dalam setiap materi sehingga kita selalu ingat dan peserta pun senantiasa penasaran dengan kelanjutan dari setiap materi yang akan kita berikan.” jelas Heni.


Lebih lanjut peserta diperlengkapi dengan persiapan-persiapan penting yang harus diketahui agar dapat menjadi seorang public speaker yang baik. Mulai dari mengenali pesertanya karena peserta yang semuanya generasi muda akan berbeda bahannya dengan peserta yang generasi tua. Selain itu, peserta harus mampu memilih pakaian yang menarik dan sesuai dengan acara sehingga penampilan mereka akan senantiasa menarik para penontonnya.


Setelah kelas public speaking, peserta-peserta dibagi kedalam kelompok dan kembali diberikan kesempatan untuk memperdalam contoh-contoh materi yang mereka presentasikan selayaknya menjadi seorang narasumber literasi digital kepada masyarakat. Para peserta diberikan kesempatan mempresentasikan materi-materi mereka sekaligus menampilkan video-video konten yang telah mereka buat secara pribadi dihari sebelumnya.

Semoga para peserta yang telah mengikuti ToT Literasi Digital selama 2 hari ini dapat menerima setiap materi yang telah diberikan dan semakin mahir dalam menjadi perpanjangan tangan HKBP – Kominfo dalam menjelaskan 4 pilar literasi digital (Digital Skills, Digital Culture, Digital Ethics, dan Digital Safety) kepada masyarakat ataupun jemaat tempat mereka melayani.


Kegiatan ToT ini ditutup dengan ibadah penutup yang dilayani oleh Pdt. Riyan A. Ritonga dan secara resmi ditutup oleh Pdt. Agus Pordinan Siagian mewakili EphorusHKBP. (BP-LTN)