"Manang ise na mangarupa halak na parir, mangaleai Sitompa ibana do; alai manang ise na pasangap Ibana, asi do rohana mida na pogos.

Siapa menindas orang yang lemah, menghina Penciptanya, tetapi siapa menaruh belas kasihan kepada orang miskin, memuliakan Dia."

Poda 14:31

Wujud Tahun Kesehatian 2022, Warga Petani HKBP Resort Tanah Jawa Sehati Gotong royong Bersihkan Saluran Irigasi

Sadar tidak hanya menerima persembahan dan ucapan syukur dari warga petani apabila panen pertaniannya melimpah adalah salah satu faktor utama yang membuat hasil pertanian berhasil yaitu pengairan yang cukup melalui irigasi yang baik. HKBP Resort Tanah Jawa melalui warga jemaat dan parhalado melaksanakan gotong royong membersihkan irigasi persawahan sepanjang 600 meter Di Lingkungan Cinta Raja Bagasan sampai Tanjung Pasir,  Tanah Jawa Rabu (23/2/2022).

Mengawali kegiatan, Praeses HKBP Distrik XXIV Tanah Jawa Pdt. Gading Simamora hadir membawakan doa memberangkatkan warga dengan sukacita bergotong royong membersihkan saluran irigasi persawahan.


Praeses HKBP Distrik XXIV Tanah Jawa Pdt. Gading Simamora pada sambutannya yang dikirim kembali lewat WhatsApp-nya menyampaiakan, bahwa tahun kesehatian merupakan salah satu bentuk kesadaran nyata dari HKBP untuk menghadirkan kesatuan hati, kebersamaan, keselarasan hidup dan tujuan yang berdampak bagi para pelayan dan juga seluruh umat di HKBP. Kesehatian ini harus diwujud nyatakan secara langsung dan juga mengena di tengah lapangan pelayanan, di mana umat dan pelayan tinggal bersama untuk menghidupi kesehatian ini. Salah satu contoh nyata dan juga baik adanya telah dilakukan oleh HKBP Tanah Jawa dan Juga Distrik XXIV Tanah Jawa untuk melaksanakan Tahun kesehatiaan ini.

Kegiatan gotong royong ini adalah bentuk kualitas kearifan hidup yang telah mengikat dan mengakar di berbagai etape-etape kehidupan bangsa Indonesia, termasuk Gereja. Zaman digital memang sudah semakin maju, dan banyak umat semakin hidup terpisah dan teralienasi oleh masa. Dengan demikian melalaui kegiatan ini, kami hadir untuk menyatukan kembali Ke-gerejaan yang nyata, menyegarkan dan menghadirkan kembali semangat kesehatian melalui hal-hal yang nyata dan dekat dengan umat, sehingga mereka merasakan kehadiran Allah yang nyata di tengah kehidupan mereka.



Pendeta Resort HKBP Tanah Jawa Pdt. Patar S. Napitupulu melalui WhatsApp-nya Kamis (17/3/2022) menyampaikan, bahwa kegiatan gotong royong membersihkan saluran irigasi persawahan adalah satu program strategis Tahun Kesehatian 2022 HKBP Resort Tanah Jawa. “Gereja mengajak semua orang termasuk pemerintah menghadirkan Injil secara kongkrit ditengah-tengah masyarakat petani. Injil yang mudah dimengerti karena bersentuhan langsung dengan kehidupan masyarakat, bukan hanya warga HKBP. Bondar atau irigasi itu (sekitar 600 meter) sudah banyak yang mampet dan dipenuhi sampah sehingga menghalangi aliran air ke sawah dari sumber utamanya yakni “Bah Tongguran”, Pesan Pdt. Patar.


Pdt. Patar melihat respon anggota jemaat pun beragam, ada yang dengan penuh keyakinan mengimani bahwa dengan turut membersihkan bondar itu, dirinya sedang mempraktekkan Injil Kristus yang perduli pada kehidupan. Meskipun dirinya tak punya sawah disekitar aliran bondar. Namun ada juga yang merasa bahwa tidak perlu ikut karena dirinya tidak punya sawah disekitar aliran bondar. Ada pula yang esok harinya membuang kembali ke bondar sampah yang sudah diangkat. “penuh dinamika yang layak dipergumulkan” disampaikan Pdt. Patar Soaduon menutup pesannya.

Untuk menjaga supaya aliran irigasi lancar dan bersih dan tidak banjir, pada kesempatan itu  peserta yang dikoordinir seksi pertanian memasang spanduk mengingatkan masyarakat untuk tidak sembarangan membuang sampah ke saluran irigasi.


Hadir mengapresiasi kegiatan dan turut turun ke lapangan berbaur dengan warga Camat Tanah Jawa Maryman Samosir dan Kapolsek Tanah Jawa Pompol Selamat Manalu menambah semangat warga membersihkan saluran irigasi persawahan. Kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik berkat kerjasama Panitia yang dikoordinir Ketua Panitia Efendi Gurning dibantu seksi Pertanian St. Rosmaida Siahaan. (P.Sam – B’TIK).


Pustaka Digital