"Jadi dapothonon ni angka bangso parbegu ma panondangmu dohot angka raja mandapothon sinondang naung binsar di ho.

Bangsa-bangsa berduyun-duyun datang kepada terangmu, dan raja-raja kepada cahaya yang terbit bagimu."

Jesaya 60 : 3

Yayasan Kesehatan HKBP Beberkan Program RSU HKBP Balige Pusat Rujukan

Yayasan Kesehatan HKBP menghadiri undangan Kantor Pusat HKBP Pearaja Tarutung Biro TIK menjadi bintang tamu di program Podcast HKBP, Jumat (15/7/2022). Mewakili Letjen TNI (Purn) Hinsa Panjaitan Ketua Pengurus Yayasan Kesehatan dihadiri Dr. Sanco Manullang, ST, MT, IPM, ASEAN Eng anggota , Direktur Rumah Sakit Umum HKBP Balige dr. Benni Sinaga dan Direktur Akper HKBP Balige Jane Wilda Irmawati Sirait, Skep, Ners, MKes.


Di acara Podcast yang dipandu Podcaster Cal. Diak. Marlince Lumbantobing, S.Ag, Direktur Rumah Sakit HKBP Balige dr. Benni Sinaga menjelaskan bahwa sebelumnya RSU HKBP Balige mengalami penurunan sehingga dibutuhkan upaya mengembalikan kepercayaan masyarakat melalui pembenahan disana sini terutama pembenahan pelayanan oleh Perawat, Dokter dan Staf pegawai RSU HKBP Balige. 


Lebih lanjut dr. Benni menyampaikan, saat ini RSU HKBP Balige terus berbenah dengan melengkapi sarana dan prasarana rumah sakit seperti Diaknostik senter, Ruang Isolasi, Ruang bedah untuk operasi mata, Nicu dan Picu, Hemodialisa yang saat ini dapat menampung 25 pasien. Sehingga untuk saat ini masyarakat tidak perlu lagi ke luar kota untuk medical chekup.
RSU HKBP balige juga memiliki layanan unggulan yaitu Undoscopy, ruang operasi mata beserta peralatannya, alat intervensi jantung, sehingga akhir-akhir ini kepercayaan masyarakat meningkat signifikan. dr. Benni menyampaikan dari sisi sarana dan prasarana saat ini RSU HKBP Balige bisa dikatakan On going menuju  RS pusat rujukan. “Tinggal lagi kita sedang berupaya meningkatkan status RSU HKBP Balige dari tipe C menjadi tipe B yang menjadi syarat mutlak menjadi RS Pusat rujukan”, sebut dr. Benni penuh semangat dan optimisme.
Pengurus Yayasan Kesehatan Dr. Sanco Manullang membeberkan Program Yayasan Kesehatan HKBP menjadikan RSU HKBP Balige menjadi Rumah sakit pusat Rujukan di Tapanuli Raya. Selain itu Sanco juga menjelaskan tentang Program baru Yayasan Kesehatan mengembalikan kejayaan Rumah Sakit HKBP Nainggolan yang berada di Kabupaten Samosir.
“Pembenahan RSU HKBP Nainggolan yang ada di Kabupaten Samosir salah satu bentuk dukungan HKBP terhadap Program Pemerintah Danau Toba Destinasi Wisata Super Prioritas”, kata Sanco. 
Lebih lanjut Sanco memaparkan upaya yang telah dilakukan Program mengembalikan kejayaan RSU HKBP Nainggolan dengan mengadakan pertemuan untuk koordinasi dengan Pemda Kabupaten  Samosir bertemu langsung Sekda Kabupaten Samosir untuk mempermudah regulasi pengurusan ijin dan bantuan sarana dan prasarana RSU HKBP Nainggolan. “ Saat ini yang dilakukan Pengurus Yayasan Kesehatan mengumpulkan sinergitas dulu” Imbuhnya

Mengakhiri paparannya Sanco Manullang mengajak seluruh warga HKBP dan warga Pulau Samosir terutama warga Nainggolan untuk bersama sama membangun RSU HKBP Nainggolan sehingga kembali Berjaya seperti yang pernah terjadi di masa lalu. Program ini dapat dilihat di Youtube Huria Kristen Batak Protestan. (P.Sam – B’TIK)