Pemberdayaan Pelayan dan Pegawai Kantor Pusat HKBP

Departemen
Koinonia HKBP melalui Biro Pembinaan HKBP mengadakan Pemberdayaan Pelayan dan
Pegawai Kantor Pusat HKBP (29/04/2022) di Ruang Ibadah-Kantor Pusat HKBP.
Kegiatan ini diikuti oleh 49 peserta dengan pembicara Ir. Marihot Hutahayan,
M.Psi. Pemberdayaan dibuka oleh Kepala Departemen Koinonia HKBP, Pdt. Dr.
Deonal Sinaga.

Manang
na aha pe posisita
di Kantor Pusat on, pimpinan, kepala biro, staf,
pegawai torus do tafokuskan meningkatkan kualitas pelayanan. Ingkon
tanikmati do marhobas
di posisi dia pe hita ditempatkan.” ujar Ka.
Dep. Koinonia dalam kata sambutannya.


Pelayan
dan pegawai di Kantor Pusat sudah seharusnya bersinergi dalam menyelesaikan
setiap tugas dan tanggung jawab yang ada di kantornya masing-masing. Sehingga
tidak perlu ada persaingan yang tidak sehat karena pelayanan yang diberikan
seharusnya kepada Tuhan Yesus Kristus bukan kepada manusia.

Marihot
membuka pembicaraan dengan mengatakan bahwa setiap orang seharusnya memiliki
visi dalam menjalani hidupnya. Visi harus selalu didoakan dengan
sungguh-sungguh serta dilaksanakan dengan keyakinan dengan teguh sehingga visi
tersebut dapat terwujud.


Beliau
melanjutkan pembicaraannya dengan mengutip Mochtar Lubis mengenai 7 Karakter Manusia
Indonesia: munafik, enggan bertanggungjawab, berjiwa feodal, percaya takhyul,
berwatak lemah, malas, dan suka KKN. Serta menjelaskan mengenai karakter
manusia berdasarkan analogi ikan mulai dari lele (bulus – egois, serakah), patin
(fulus – transaksional, materialis), bawal (mulus – ada maunya, pencitraan),
tuna (lulus – professional, kompeten), salmon (tulus – kemitraan, berkorban).

Dengan
memahami sudah sampai ditahap mana karakter masing-masing para pelayan dan
pegawai serta berusaha meningkatkan karakternya sampai menjadi lulus (tuna)
bahkan tulus (salmon) maka kualitas pelayanan di Kantor Pusat HKBP akan menjadi
semakin baik kedepannya. (BP-LTN)  





Scroll to Top