"Jadi diboto saluhut halak Jahudi ma i ro di halak Gorik na maringanan di huta Epesus, gabe songgop ma biar tu rohanasida saluhut, jadi tongam ma goar ni Tuhan Jesus.

Hal itu diketahui oleh seluruh penduduk Efesus, baik orang Jahudi maupun orang Yunani, maka ketakutanlah mereka semua dan makin masyurlah nama Tuhan Yesus."

Ulaon ni apostel 19: 17

Distrik Tebing Tinggi Luncurkan Lima Program Unggulan dalam Ibadah Syukur Awal Tahun

[caption id="attachment_9889" align="alignnone" width="720"] Ephorus Pdt Darwin Lumbantobing membuka tirai papan program Distrik Tebing sebagai tanda peluncuran orientasi program distrik 2019[/caption]

Hari ini, Selasa (22/1/2019), HKBP Distrik XIV Tebing Tinggi mengadakan syukuran awal tahun sekaligus launching program pelayanan tahun 2019 yang dipimpin Pimpinan HKBP Ompu i Ephorus Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing bertempat di HKBP Kota Baru. Selain Ompu i Ephorus, juga turut melayani Praeses Pdt. Pantun Silitonga, S.Th, M.Sc sebagai liturgist dan Pdt. Ganda Sihombing, M.Div sebagai pendoa syafaat.

Dalam kesempatan ini distrik melaunching lima program unggulannya yang telah ditetapkan, di antaranya; mendirikan tanggap bencana (tabe) distrik, membentuk team beasiswa distrik, training dan pelatihan sumber daya manusia, gerakan 10.000 kupon diakonia berhadiah, serta pembangunan kantor dan rumah dinas distrik. Pelayan dan jemaat HKBP Kota Baru yang dipimpin oleh Pdt. Melkior Manurung, S.Th ini menyambut dengan sukacita dengan ditetapkannya gereja ini tuan/nyonya rumah acara untuk tahun 2019 ini. Ompu i Ephorus dan Ompu Boru yang didampingi staff tiba tadi malam yang disambut oleh keluarga Pahala Sitorus, MM di kediamannya dengan ramah tamah serta makan malam bersama Praeses serta para pelayan lainnya.

Diawali dengan prosesi dari rumah jemaat ke kompleks gereja yang diiikuti Ompu i Ephorus HKBP beserta Ompu Boru, Praeses serta Inang, para Pendeta beserta dengan panitia disambut oleh jemaat yang telah berdiri di tempat masing – masing sembari diiringi musik. Sejak Pkl. 10.00 Wib ibadah berlangsung hingga terbitnya berita ini dan berlangsung hikmat serta sukacita. Dalam ibadah ini, tampak utusan dari masing – masing ressort yang dipimpin oleh para pimpinan jemaat dan para tokoh – tokoh jemaat serta undangan dari panitia memadati kompleks gereja HKBP Kota Baru.

Ompu i Ephorus HKBP dalam khotbahnya berdasarkan thema orientasi pelayanan tahun 2019 dari Lukas 4: 16 – 21 mengajak jemaat untuk secara bersungguh – sungguh menhidupkan kembali pelayanan diakonia sosial. Kita bukan hanya memberi tetapi apa yang kita terima sepatutnya juga kita bagikan juga untuk saudara/i kita lainnya. Visi HKBP, menjadi berkat, itu adalah perkataan Tuhan kepada Abraham di Kejadian 1: 12 “pasupasuonKu ma ho asa gabe pasupasu”. Kita tidak hanya menjadi penerima, Tuhan berkata, kamu adalah terang dunia, lalu kemudian Tuhan berkata kepada kita “kamu adalah terang dunia”. Kalau kita orang Batak, cukup dikenal dengan kepribadian yang jelas dan solidaritas yang tinggi. Orientasi pelayanan bukan kepada orang yang hidup bermalas – malasan, tetapi kepada orang yang miskin dan bahkan secara khusus yang dimiskinkan. Dalam Alkitab, ada banyak contoh sakit jasmani dan rohani yang disembuhkan Yesus, dan Yesus selalu menegaskan “imanmu yang menyelamatkanmu”, dan Yesus membawa kabar baik dan seluruh pelayanannya tidak lepas dari bentuk – bentuk pelayanan diakonia sosial, tutur Ompu I Ephorus HKBP.

Menurut panitia, acara ini direncanakan dihadiri oleh Walikota Tebing Tinggi Deli Ir. H. Umar Zunaidi Hasibuan, MM. Distrik ini memiliki 25 ressort. Selain itu, usai ibadah, juga akan ada pemberitan tali kasih kepada pelayan penuh waktu HKBP yang telah pensiun yang berdomisili di Tebing Tinggi Deli serta menyandangkan ulos kepada Para Pelayan, panitia syukuran awal tahun, utusan ressort - ressort, demikian juga Walikota beserta rombongan, dan seluruh calon legislatif yang berdomisili yang berasal dari distrik tersebut.  Penulis, Pdt. Alter Pernando Siahaan

 

comments

Leave a Reply