Perayaan Ulang Tahun HKBP ke-157 dari Tempat Kelahiran HKBP di Sipirok

Tujuh (7) Oktober 1861, tepat 157 tahun silam, misionaris yang berasal dari Zending Ermelo, Belanda dan Rheinische Missionsgesselsschaft (RMG), Jerman, yaitu: Pdt Heine, Pdt JC Klammer, Pdt Betz dan Pdt Van Asselt mengadakan rapat untuk pertama kali di Sipirok melakukan pembagian tugas dalam  melaksanakan pelayanan  pekabaran Injil di tanah Batak. Pdt Heine bertugas di Sigompulon, Pahae. Pdt Klammer di Sipirok. Pdt Betz di Bunga Bondar dan Pdt Van Asselt di Pangaloan, Pahae. Momen ini ditetapkan sebagai hari lahirnya Huria Kristen Batak Protestan (HKBP).

Hampir setiap tahun HKBP Sipirok selalu merayakan hari ulang tahun tersebut yang dipadukan dengan kegiatan Pesta Gotilon (Ucapan Syukur) dan Menabur Benih. Warga jemaat membawa hasil panen mereka ke gereja sebagai ucapan rasa syukur dari yang mereka dapatkan, hasil pertanian, dan sekaligus membawa benih tanaman yang akan ditanam  supaya didoakan bersama.

Ibadah perayaan ulang tahun HKBP ke-157 di Sipirok dipimpin Praeses HKBP Distrik I Tabagsel-Sumbar Pdt Horas Yun Morgan Purba MTh pada Minggu (7/10/2018). Pendeta HKBP Resor Sipirok Pdt Kornel Sinaga STh MM melayani sebagai liturgis. Pada khotbahnya, Horas Purba mendasarkannya pada 2 Timoteus 4 : 1 -5 dengan topik Menjadi Pemberita Firman Allah.

Berikut kutipan khotbahnya, kita panjatkan puji dan syukur kepada Tuhan Allah di Hari Ulang Tahun HKBP ke-157 ini kita diberi nafas kehidupan dan tetap beribadah di gereja HKBP Sipirok ini sebagai asal mula HKBP di suluruh dunia, yang di mana ini semua merupakan dedikasi dari para misionaris yang melaksakan pekabaran Injil di tanah Batak. Banyak tantangan yang dialami oleh misionaris terdahulu bahkan sampai harus mati martir dalam memberitakan firman Tuhan di tengah-tengah masyarakat pada waktu itu. Dalam hal ini kita patut mengucap syukur kepada Allah, semakin banyak bertumbuh HKBP di seluruh penjuru dunia ini. Pada hari ini, melalui Perayaan Ulang Tahun HKBP ke-157 ini, khusus di HKBP Sipirok, kita yang percaya harus bisa terpanggil untuk memberitakan firman Tuhan melalui prilaku ataupun aktivitas kita sehari-hari sebagai rasa ungkapan terima kasih kepada Tuhan bahwa di Sipirok ini hari lahir Huria Kristen Batak Protestan (HKBP). Pada momen Orientasi Pelayanan HKBP 2018, Kesehatan dan kebersihan dalam Lingkungan Hidup, dilaksakan juga Peringatan 100 tahun HKBP Pasca Dr IL Nommensen yang pada beberapa bulan lalu melalui perjalanan napak tilas Dr IL Nommensen melewati daerah Sipirok ini. Dan pada momen ini kita juga akan melaksanakan revitalisasi rumah misionaris yang ada di lokasi kompleks gereja HKBP ini, yang akan menjadi kebanggaan kita HKBP khususnya HKBP Sipirok bahwa di sini masih ada peninggalan rumah misionaris. Marilah kita sama-sama mendukung revitalisasi ini dan kita doakan dalam tahun depan sudah dapat selesai kita revitaliasi yang akan menjadi saksi bahwa misionaris terdahulu telah menwujudkan Pemberitaan Firman Allah di tengah-tengah Tapanuli ini.

Dalam ibadah perayaaan ulang tahun ini turut dihadiri perwakilan gereja pagaran se-Resor Sipirok. Turut hadir juga Persekutuan Napaso HKBP Distrik Tabagsel-Sumbar.

Selesai ibadah acara dilanjutkan dengan Perayaan Ulang Tahun HKBP ke-157. Pemotongan Kue oleh praeses didampingingi pendeta resor yang dibagikan kepada seluruh parhalado (majelis jemaat) dan warga jemaat HKBP Sipirok. Sekaligus makan bersama seluruh jemaat yang hadir. Seusai makan bersama, acara dilanjutkan dengan lelang.

Seluruh rangkaian acara disambut dengan sukacita seluruh warga jemaat yang hadir dengan harapan akan dilaksanakan kembali di tahun yang akan datang. // Maraden Sakti Lubis / dm

comments

Leave a Reply