"Jadi diboto saluhut halak Jahudi ma i ro di halak Gorik na maringanan di huta Epesus, gabe songgop ma biar tu rohanasida saluhut, jadi tongam ma goar ni Tuhan Jesus.

Hal itu diketahui oleh seluruh penduduk Efesus, baik orang Jahudi maupun orang Yunani, maka ketakutanlah mereka semua dan makin masyurlah nama Tuhan Yesus."

Ulaon ni apostel 19: 17

Pimpinan HKBP, Praeses, Pendeta Beserta Jemaat Rayakan 15 Tahun Persiapan HKBP Lembang

Salah satu jadwal Rapat Praeses adalah mengunjungi Persiapan HKBP Lembang. Kunjungan ini dilakukan dalam rangka menguatkan dan meneguhkan jemaat yang ada sekaligus merayakan ulang Tahun ke 15 Persiapan HKBP Lembang. Dalam acara tersebut dengan penuh sukacita Ompu Boru berduet dengan Inang Sekretaris Jenderal melantunkan lagu rohani. Hasil Spontanitas dari duet lagu Ompu Boru dan Inang Sekretaris Jenderal sebesar Rp. 16.400.000 disumbangkan untuk pembangunan Persiapan HKBP Lembang. Acara juga diisi dengan menyanyikan lagu selamat Ulang Tahun, peniupan lilin dan pembagian kue dan makan siang bersama. Jemaat dengan penuh sukacita menyambut kehadiran Pimpinan HKBP, Praeses dan keluarga serta para Pendeta yang hadir.

Gereja Persiapan HKBP Lembang berdiri 08 Februari 2004. Geraja ini pada awalnya beranggota 8 KK yang mengadakan kebaktian di rumah St. M. Sormin/br. Hutabarat di Jl. Raya Lembang di mana pimpinan jemaat pertama adalah St. SPH. Marbun. Beberapa bulan kemudian Jemaat ini dimpimpin oleh CPdt. Eben Ezer Napitupulu dari Kantor Pusat dan memimpin kurang lebih tiga tahun. Setelah satu tahun beribadah di rumah St. M. Sormin, ibadah pindah ke jalan Jayagiri Lembang. Disana jemaat mengalami banyak pergumulan terutama dari lingkungan yang tidak menyetujui keberadaan jemaat tersebut. Karena itu jemaat berpindah lagi ke Panti Priyangan Karmel. Disini jemaat juga mengalami banyak gangguan dari luar jemaat. Sehingga setahun kemudian berpindah lagi ke Gedung Firdaus Jl. Peneropongan Bintang sampai sekarang. Jemaat Persiapan HKBP Lembang sampai saat ini belum memiliki ijin bangunan walaupun sudah memiliki tanah seluas 150 m2 untuk dijadikan pertapakan gereja. Itulah salah satu pergumulan jemaat sampai sekarang, masih dalam proses pengurusan ijin. Pada tahun 2018 yang lalu, salah satu jemaat Kel. Kol.HD. Situmorang/br. Hutabarat memberikan rumah miliknya sebagai rumah huria untuk ditempati CPdt. Pitu Sinaga. Rumah ini lah yang menjadi tempat kegiatan pelayanan kategorial setiap minggu.
Persiapan HKBP Lembang beresot ke HKBP Ressort Bandung Tengah yang dipimpin oleh Pdt. Horas Pakpahan, STh sebagai Pendeta Ressort. Tuhan memberkati jemaatnya Persiapan HKBP Lembang.

comments

Leave a Reply