Ephorus HKBP Dipilih sebagai 1 dari 14 Anggota PCCC (Permanent Committee for Consensus and Collaboration)

27/6/2023, Geneva, Swiss

Ephorus HKBP, Pdt. Dr. Robinson Butarbutar mengikuti Rapat Komite Sentral WCC (World Council of Churches) sejak Rabu, 21 Juni 2023 hingga 27 Juni 2023. Ini adalah pertemuan penuh pertama komite pusat WCC setelah Sidang ke-11 WCC di Karlsruhe. Setiap pertemuan komite pusat adalah kesempatan unik untuk memperkuat kesaksian WCC sebagai persekutuan yang hidup. Selain 150 anggota dan 8 presiden yang dipilih di Karlsruhe, komite pusat memiliki penasihat dari mitra ekumenis dan gereja yang bukan anggota WCC.

Agenda pertemuan antara lain: menyusun arah strategis dan respon programatik terhadap majelis sebagai ziarah keadilan, rekonsiliasi dan persatuan. Komite pusat akan mengadopsi rencana strategis untuk memandu kerja dewan hingga majelis berikutnya, serta strategi keuangan dan strategi komunikasi untuk mendukung kerja dewan.


Komite pusat juga akan membahas isu-isu yang muncul yang mempengaruhi kehidupan dan kesaksian gereja. Serangkaian pleno ziarah akan melibatkan komite pusat dalam menangani persatuan dan misi gereja dan panggilan untuk bertindak demi keadilan dan rekonsiliasi sebagaimana diilhami oleh majelis.


Pada rapat di hari terakhir, yakni Selasa 27/6/2023, Ephorus HKBP terpilih sebagai salah satu perwakilan Gereja Lutheran untuk anggota PCCC (Permanent Committee for Consensus and Collaboration. Adapun jumlah peserta yang diunjuk sebagai anggota PCCC sebanyak 14 orang, diantaranya 7 anggota dipilih dari Gereja Orthodox dan 7 anggota dari Gereja Protestan.


Pustaka Digital