"Dibahen i, ndang marnaloja hami; ai lam tu burukna pe hajolmaonnami parduru i, anggo parbagasan i ariari do dipaimbaru.

Sebab itu kami tidak tawar hati, tetapi meskipun manusia lahiriah kami semakin merosot, namun manusia batiniah kami dibaharui dari sehari ke sehari."

2 Korint 4:16

Literasi Digital HKBP Gelombang II : “Talkshow Digital Skill, Digital Ethics & Workshop Membuat Konten Positif di Media Sosial


Huria Kristen Batak Protestan HKBP bersama Kementerian Informasi & Komunikasi (Kominfo) dan  GNLD Ciberkreasi kembali mengadakan kegiatan Pemberdayaan kepada Pelayan, Calon Pelayan dan Jemaat  dalam bentuk Talkshow dan Workshop dengan judul “Talkshow Digital Skill, Diital Ethics & Workshop Membuat Konten Positif di Media Sosial”.

Kegiatan Talkshow dan Workshop dilaksanakan dalam bentuk  Virtual yang dikendalikan panitia dari Ruang Oval Kantor Pusat HKBP Pearaja Tarutung Sumatera Utara, Senin (28/6/2021).

Dimulai dengan ibadah yang dipimpin Pdt.Kadir Manullang, STh mengatakan,  untuk menyampaikan  Kabar baik Firman Tuhan saat ini terlebih di masa pandemic Covid-19, sudah harus menggunakan media digital, untuk itu sudah menjadi keharusan bagi para pelayan menguasai bagaimana menggunakan dan memanfaatkan media digital. Pdt.Kadir mengajak semua pelayan, di masa pandemi mari melayani melalui media Digital.


Laporan dan penghantar oleh Panitia yang disampaikan Pdt. Enig Aritonang menginformasikan  bahwa kegiatan dilaksanakan atas kerjasama HKBP dengan KemenKominfo dan Siberkreasi dan berterimakasih buat kerjasamanya. Jumlah Peserta yang  mengikuti Talkshow dan Workshop melalui Virtual sebanyak 273 orang.


Dibuka dengan resmi Pimpinan HKBP oleh Kepala Departemen Koinonia HKBP Pdt. Dr. Deonal Sinaga. Dalam sambutannya Pdt. Deonal menyampaikan, apa yang kita lakukan bukan hanya untuk manusia, melainkan untuk Tuhan.

Sambutan  Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (APTIKA) Semuel Abrijani Pangerapan, B.Sc mengatakan, kehadiran pandemi dan pesatnya perkembangan tehnologi telah merubah cara kita beraktivitas dan bekerja, untuk menghadapi hal tersebut kita semua harus mempercepat kerjasama kita dalam mewujudkan agenda transformasi Digital Indonesia.


Kominfo akan senantiasa berupaya meningkatkan Literasi Digital masyarakat Indonesia lewat berbagai kegiatan untuk semakin mendorong terwujudnya Masyarakat Digital Indonesia. Kita harus mempersiapkan SDM dan keterampilan digital yang sesuai, untuk menghadapi perubahan ini. Diakhir sambutannya Dirjen APTIKA mengajak semua masyarakat untuk membawa perubahan yang positif untuk Indonesia yang lebih baik. Bersama kita dapat melalui pandemic dengan menjadi lebih baik.


Talkshow sesi I disampaikan Anita Wahid (Puteri Presiden Gusdur) Wakil Ketua Umum Siberkreasi dengan topik, “Pentingnya Memiliki Digital Skill di Masa Pandemi Covid-19”. Tolkshow sesi I ini dimoderasi Pdt. Dr. Enig Aritonang.


Talkshow sesi II disampaikan Yosi Mokalu (Personil Proyek Pop) Ketua Umum GNLD Siberkreasi dengan topik, “Cara Berinteraksi dan Kolaborasi di Ruang Digital Sesuai Etika”. Talkshow di sesi II dimoderasi Pdt. Kris Sianturi.

Sesi III Workshop disampaikan Joe Octavianus Siberkreasi dengan topik, “Cara membuat Konten Agama Positif di Media Sosial. Setelah Workshop yang disampaikan Joe Octavianus Siberkreasi, kegiatan resmi ditutup dalam satu ibadah yang dipimpin Pdt. Susi Hutabarat. Dalam ibadah tersebut kegiatan resmi ditutup oleh pimpinan HKBP yang diwakili Pdt. Enig Aritonang Ka. Biro Pembinaan.(P.S – B.TIK)

Pustaka Digital