Renungan Harian HKBP | 17 Juli 2023

Syalom Bapak/Ibu dan saudara-saudara terkasih di dalam nama Tuhan kita Yesus Kristus, Kami berharap kita semuanya dalam keadaan sehat. Sebelum kita memulai segala pekerjaan kita pada hari ini marilah kita secara bersama-sama merenungkan Firman Tuhan yang menjadi kekuatan bagi kita. Marilah kita bersaat teduh!


Saat teduh………

Doa Pembuka: Kami memuji dan memuliakan Engkau ya Tuhan Allah Bapa kami didalam nama Yesus Kristus Tuhan dan juru slmat kami. Pada pagi hari ini kami Kembali merasakan kasih penyertaanMu dalam kehidup kami, kini kami boleh bangkit dari tidur kami untuk Kembali memulai pekerjaan kami setiap hari. Ya Tuhan kami rindu akan sapaan FirmanMu untuk menguatkan kami dalam perjalanan hidup kami, berfirmanlah Tuhan sebab kami telah siap untuk mendengarkannya. Amin


Nats Renungan : 2 Timotius 1 : 7, Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang membangkitkan kekuatan, kasih dan ketertiban.


Bapak/Ibu dan saudara-saudara, setiap orang memerlukan nasihat dan dorongan untuk taat melakukan kewajiban masing-masing. Walaupun kita sebagai orang-orang yang terbaik sekalipun, namun kita perlu mendapat nasihat atau dorongan supaya kita benar-benanr mengingat dan melakukan kewajiban kita masing-masing. Demikianlah Rasul Paulus menasihati Timoteus, supaya ia tetap melakukan pekerjaannya sebagai pemberita Injil. Timoteus diharapkan mau mengobarkan karunia Allah yang ada padanya yaitu karunia-karunia Roh Kudus, dan juga karunia yang tercurah melalui penumpangan tangan oleh Rasul Paulus. Timoteus harus melatihnya dan mengembangkannya.

Selanjutnya, Timoteus diharapkan tidak takut atau gentar untuk maju terus memberitakan Injil Tuhan, sebab melalui penumpangan tangan yang dilakukan Rasul Paulus kepadanya, ia telah memiliki Roh Kudus yang tentunya akan memperlengkapi dia untuk pekerjaan pelayanan, itu sebabnya Rasul Paulus berkata: Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan Roh yang membangkitkan kekuatan, kasih dan ketertiban.


Bapak/Ibu dan saudara-saudara, salah satu tantangan yang besar bagi kita untuk menjadi orang yang berguna dengan mengembangkan karunia yang ada pada kita adalah “ketakutan” Karena kita merasa ketakutan, akhirnya kita menyembunyikan banyak karunia yang ada pada diri kita, karena ketakutan kita sering tidak mau mempergunakan talenta yang diberikan Tuhan kepada kita. Sekarang kita mengetahui bahwa Allah telah memperlengkapi kita dan mempersenjatai kita melalui Roh Kudus yang telah dicurahkanNya bagi mereka yang mau menerimaNya. Roh Allah akan membangkitkan keberanian, kekuatan dan tekad kita untuk menghadapi berbagai kesulitan yang sedang dan akan terjadi, Roh Allah yang membangkitkan kekuatan, kasih dan ketertiban akan menjamin kita untuk berbagai perlawanan yang akan kita hadapi, ketenangan berpikir, kemampuan rasa damai tentunya akan kita peroleh dari pemberian Roh Kudus kepada kita. Oleh sebab itu, kita juga harus memberanikan diri untuk melakukan pekerjaan yang baik, yang sesuai dengan karunia-karunia yang kita peroleh dari Allah Tuhan kita. Orang Kristen sebagai saksi-saksi Kristus yang telah dipilih di tengah-tengah dunia ini hendaknya tidak boleh malu untuk bersaksi, juga tidak boleh takut menghadapi penderitaan, ikutlah menderita bagi InjilNya oleh kekuatan Allah, ingatlah saudaraku, kita akan dapat menanggung penderitaan dengan baik apabila kita mau menerima kekuatan dan kuasa dari Allah yang memampukan kita menghadapinya. Untuk itu Bapak-Ibu dan saudara-saudara, marilah memberitakan Injil Kristus dengan tidak takut, tapi kobarkanlah dengan kehadiran Roh Kudus dalam diri kita masing-masing. Kiranya Tuhan selalu menolong kita semua orang yang percaya, dan memampukan kita untuk mengembangkan segala talenta yang berkenan di hati Allah Tuhan kita. Amin.


Doa Penutup: Terima kasih ya Tuhan Allah Bapa kami atas sapaan FirmanMu yang telah kami terima pada pagi hari ini. Kami memohon, kiranya Tuhan akan memberkati FirmanMu ke dalam hati kami, supaya kami akan selalu dimampukan untuk mengembangkan talenta yang ada pada diri kami masing-masing terlebih-lebih untuk meyebarkan Injil ke seluruh dunia ini, supaya semakin banyak orang yang percaya dan mau menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juru s’lamat kami. Kiranya Tuhan selalu memberikan kepada kami Roh keberanian, dan menjauhkan dari kami roh ketakutan, supaya oleh Roh keberanian kami akan dituntun menghadapi segala persoalan yang akan kami hadapi. Ya Tuhan kiranya dalam satu hari ini, Ketika kami akan melakukan pekerjaan kami masing-masing, Tuhanlah yang membimbing kami, memelihara kehidupan kami, juga Tuhan memberikan kami berkat yang melimpah melalui pekerjaan kami, supaya kami senantiasa beroleh Kesehatan, dan juga sukacita yang daripadaMu. Untuk itu ya Tuhan, kami serahkan segala kehidupan kami ini hanya kedalam tangan pengasihanMu saja. Hapuskanlah segala dosa kami, terimalah doa kami ini yang kami sampaikan hanya melalui nama anakMu Yesus Kristus Tuhan kami. Amin


Anugerah dari Tuhan Kita Yesus Kristus, Kasih Setia dari Allah Bapa, dan persekutuan dari Roh Kudus, itulah kiranya menyertaimu hari ini hingga selama-lamanya. Amin

Pdt. Samsir Hutagalung, M.Div- Kepala bagian Tata Kelola NCC HKBP Seminarium Sipoholon



Pustaka Digital