Training Upgrade Skill Pelayan Kantor Pusat HKBP

Untuk meningkatkan keterampilan pelayan dalam hal Publikasi Digital di Media Sosial, Kantor Pusat Huria Kristen Batak Protestan melalui Biro Tekhnologi Informasi kembali melaksanakan Pelatihan Training Upgrade Skill di Gedung Raja Pontas Pearaja Tarutung Tapanuli Utara, Kamis (25/5/2023).

Training Upgrade Skill kali ini bekerjasama dengan Institut Terhnologi DEL Laguboti dengan menghadirkan tiga orang narasumber Dosen IT DEL Alfriska Oktarina Silalahi, SPd, MSi membawakan topik “Konten Kreatif” di moderasi Pdt. Fortunate Siagian, Iswanti Sihaloho, SSi, MSi membawakan topik “Publikasi Informasi Yang terintegrasi dan Terstruktur” dimoderasi CPdt. Netti Pasaribu dan I Gede Eka Dirgayusha, SPd, MSi membawakan topik “Memahami Algoritma Sosial Media Youtube” dimoderasi Pdt. Jusden Sinaga.


Dari pemaparan ketiga orang pemateri, selain untuk peningkatan ketrampilan pelayan dalam hal publikasi Informasi, Training Upgrade Skill juga mendapat pelajaran baru bagaimana mengoptimalkan  media-media yang ada di Kantor Pusat HKBP seperti informasi dan publikasi melalui Youtube, Website, Instagram, Twitter dan media lainnya dapat dengan mudah ditemukan warga jemaat yang berselancar di dunia maya.

I Gede Eka dalam paparannya tentang bagaimana memahami algoritma Youtube mengatakan, penyampaian informasi melalui konten yang dibuat untuk sampai kepada masyarakat luas diperlukan strategi dan perencanaan yang matang, seperti pemberian kata kunci setiap judul konten, pengisian deskripsi, serta tagline, sehingga masyarakat dengan mudah mendapatkan konten yang ada di media-media HKBP dengan mengoptimalkan fungsi mesin pencari google


Sesi pertama dibawakan Alfriska Silalahi, Spd. M. Si dengan topik Konten Kreatif, membahas tentang Publikasi Digital di media sosial bagaimana  setiap konten yang diupload di media perlu melihat kalangan mana yang menjadi pasar setiap konten yang dihasilkan.



Peserta yang mengikuti Training Upgrade Skill yang diundang dari Kantor Ephorus, Kantor Sekretaris Jenderal, Kantor Biro Hukum, Kantor Biro Personalia, Kantor Biro Jemaat, Kantor Keuangan, Radio Bonafit, Kantor Departemen Koinonia, Kantor Biro Kategorial SMIRNA, Kantor Biro Pembinaan, Kantor Biro Kategorial Perempuan, Kantor Biro Kategorial Ama-Lansia, Kantor Biro Oikumene, Kantor Biro Sekretaris Mitra, Kantor Departemen Marturia,Kantor Biro Ibadah Musik, Kantor Departemen Diakonia, Panti Karya Hephata, Kantor Balitbang.


Adapun nama-nama 28 orang yang mengikuti Training Upgrade Skill kali ini; Tevilla Tambunan dari Bonafit FM, Febri Hutapea dari Biro Ama Lansia, Hanna Pasaribu dari Departemen Marturia, Biv. Tioma Simamora dari Sekretaris Mitra, Filemon Sigalingging dari Biro Keuangan, Darma Pandiangan dari Komite Dana Pensiun, Pdt. Serly Tampubolon dari Biro Jemaat, Sevania Hasibuan dari Biro Ibadah Musik, Ondy Siagian dari Balitbang, Desi Sitanggang dari Balitbang, Pdt Venesia Sarah dari Kantor Ephorus, Yosua Simorangkir dari Biro Personalia, Daniel Bancin dari Biro Parompuan, Manerwatsen Panggabean dari Biro Ibadah, Pdt. Samuel Sigalingging dari Sekretaris Koinonia, Pdt. Togarisman Tambunan dari Biro Hukum, Daniel Lumban Gaol dari Biro Hukum.    (P. Sam – B’TIK).