"Ai Ahu do donganmu,” ninna Jahowa, “laho paluahon ho; ai sun siap do bahenonHu saluhut bangso parbegu haambolonganmu na Hubahen i na sai laon, alai anggo ho ndang siap bahenonHu; ingkon pinsangonHu do ho nian hombar tu uhum, jala ndang tarbahen so toruanHu ho.

Sebab Aku menyertai engkau, demikianlah firman TUHAN, untuk menyelamatkan engkau: segala bangsa yang ke antaranya engkau Kuserahkan akan Kuhabiskan, tetapi engkau ini tidak akan Kuhabiskan. Aku akan menghajar engkau menurut hukum, tetapi Aku sama sekali tidak memandang engkau tak bersalah."

Jeremia 30:11

"Andalkan Tuhan Karena Tuhan Mengenali Kedalaman Hatimu"

Tiga Balata, 13 Februari 2022

"Don't judge by it's cover", pameo inilah yang kembali disuarakan Kepala Departemen Diakonia HKBP, Ibu Pdt. Debora Sinaga, MTh untuk mengingatkan jemaat HKBP Tiga Balata yang dikunjungi pada ibadah Minggu Septuagesima. Kita tidak dapat menghakimi atau menilai lewat penampilan luar karena tidak ada di antara kita yang mengetahui apa yang ada dalam pikiran atau hati orang lain.

Tidak demikian halnya dengan Allah, Allah mengetahui kedalaman hati manusia. Hal inilah yang diberitahukan kepada kita lewat perikop hari ini yakni Yeremia 17:5-10. Allah tahu kebusukan kita, Allah tahu kekerashatian kita, Allah tahu ketika kita sudah menjauh dan tidak lagi mengandalkan Dia.


Ibu Kepala Departemen Diakonia juga menyatakan bagaimana jemaat HKBP Tiga Balata untuk mengandalkan Tuhan, karena hanya Tuhanlah yang paling memahami, yang paling mengerti kedalaman hati kita. Dan dengan hidup yang mengandalkan Allah itulah yang akan membuka beragam berkat dalam kehidupan orang percaya, terlebih dalam memenuhi setiap kebutuhan yang dibutuhkan dalam hidup kita termasuk kebutuhan gereja. Allah punya banyak cara menolong umat-Nya yang mengandalkan Dia.


Itulah yang dilakukan-Nya di Gereja HKBP Tiga Balata ketika salah seorang jemaat yang Tuhan berkati menjadi anggota DPRD berkenan dipakai Tuhan untuk memugar kembali gedung gereja ini agar terlihat lebih indah.

Gereja HKBP Tiga Balata dilayani oleh 5 orang pelayan penuh waktu, yakni 2 orang Pendeta, 1 orang Diakones, 1 orang Bibelvrouw, dan 1 orang Calon Pendeta bersama dengan beberapa majelis jemaat yang mendukung pelayanan yang ada.

HKBP menjadi berkat bagi dunia


Pustaka Digital