Dalam Setahun, Pos Pelayanan resmi menjadi Jemaat Penuh - HKBP Nommensen Cikajang-Garut, Resort Tasikmalaya, Distrik XVIII JABARTENGDIY

Pos pelayanan Nommensen Cikajang-Garut bermula dari inisiasi Praeses HKBP Distrik XVIII Jabartengdiy, Pdt. Pahala Sitorus, S.Th., yang meminta agar Cal. Pdt. Bokee Michael Sinaga, S.Th., ditugaskan Kantor Pusat HKBP untuk memulai pelayanan di Pos Pelayanan di daerah Garut. Sebagai gereja HKBP yang terdekat ke wilayah Garut secara geografis, Praeses menugaskan HKBP Tasikmalaya melalui Pdt. Leonard Sigalingging selaku Pendeta HKBP Resort Tasikmalaya untuk mengorganisasi pelayanan di Pos Pelayanan HKBP Cikajang-Garut. Pada tanggal 26 Juli 2023, dilangsungkanlah pertemuan pertama untuk membahas rencana pembukaan pos pelayanan di daerah Cikajang yang berlangsung di HKBP Tasikmalaya dihadiri oleh Komandan Brigif Raider 13/Galuh Kostrad, Kol. Jimmi T.P. Sitinjak dan setelah pertemuan itu, Cal. Pdt. Bokee Michael Sinaga mendapat respons yang baik dari Kol. Jimmi Sitinjak yang menyatakan kesediaannya untuk membantu pembukaan Pos Pelayanan di Cikajang-Garut. 


Pada 27 Juli 2023, Cal. Pdt. Bokee Michael Sinaga diantar oleh Pdt. Leonard Sigalingging bersama dengan beberapa parhalado dan jemaat HKBP Tasikmalaya bersama dengan rombongan organisasi Pemuda Batak Bersatu (PBB) Garut ke Cikajang dan sampai di rumah Keluarga Bapak Ricat Sihombing/br. Simanjuntak di Kampung Dano, Cikajang. Pada hari yang sama Cal. Pdt. Bokee Sinaga langsung mencari kontrakan untuk tempat tinggalnya dan langsung memulai pelayanannya di Kecamatan Cikajang dengan menemui keluarga-keluarga Batak ke rumah-rumah dan ke pasar di mana orang-orang Batak itu bekerja. Cal. Pdt. Bokee Sinaga ditemani oleh seorang pemuda yang bernama Ridoi Rumapea yang tinggal berdekatan dengan kontrakan dari Cal. Pdt. Bokee Sinaga. Setelah itu, Cal. Pdt. Bokee Sinaga juga melaksanakan koordinasi kepada pihak Yonif Raider 303 dan berjumpa dengan seorang anggota TNI yakni Bapak Johannes Simaremare/br. Silaban (Ama Jhonatan) untuk izin pemakaian Aula Sudirman Yonif 303 sebagai tempat peribadahan sementara Pos Pelayanan Cikajang-Garut. 


Setelah 10 hari melangsungkan pelayanan ke rumah-rumah jemaat, berdirinya Pos Pelayanan Cikajang-Garut ditandai dengan dilaksanakannya ibadah minggu perdana pada tanggal 6 Agustus 2023 yang dipimpin oleh St. Charles Bronson Hasudungan Manurung sebagai liturgis dan khotbah dilayankan oleh Pdt. Leonard Sigalingging, S.Th. Ibadah minggu perdana tersebut dihadiri sebanyak 127 orang. Pada minggu selanjutnya, 13 Agustus 2023, dilaksanakanlah ibadah sekolah minggu untuk yang pertama kalinya yang dilayankan oleh Inang Berliana K. Siregar dan Ny. Suryani Rumapea br. Tambunan, anggota jemaat Pospel Cikajang-Garut yang bersedia menjadi Guru Sekolah Minggu pertama. 


Forum Kerja sama Kristen Garut yang diketuai oleh Bapak Welman Butarbutar juga merespons dengan baik kehadiran gereja di daerah Cikajang-Garut. Setelah dua bulan menjalani penginjilan ke rumah-rumah dan pasar yang ada di Kecamatan Cikajang, Cal. Pdt. Bokee Sinaga sudah bertemu dengan 43 Keluarga Batak yang tinggal di daerah Cikajang dan pada tanggal 15 Oktober 2023 secara resmi ditetapkan sebagai Pos Pelayanan HKBP di HKBP Distrik XVIII Jabartengdiy oleh Praeses HKBP Distrik XVIII Jabartengdiy, Pdt. Pahala Sitorus, S.Th., dengan jemaat yang berjumlah 43 KK dan pada hari itu juga dilayankan pembaptisan pertama kepada delapan orang anak. Dalam kebaktian Minggu itu juga diumumkan dua orang anggota jemaat bersedia menjadi Calon Sintua yang bertugas sekaligus sebagai fungsionaris Pos Pelayanan tersebut. Mereka adalah Cal. St. Martono Rizoni Manurung dan Cal. St. Raden Junaidi Sinambela.


Dalam diskusi dengan sesama pelayan gereja antar denominasi yang sebelumnya berusaha membangun gereja di daerah Cikajang namun gagal, Cal. Pdt. Bokee Sinaga mengatakan bahwa salah satu hal yang bisa mempertahankan eksistensi dan memajukan perkembangan Pos Pelayanan Cikajang-Garut adalah komitmen untuk menjalankan program-program pelayanan secara konsisten. Program-program tersebut antara lain Ibadah Minggu pada setiap hari Minggu, Ibadah Kostrad yang dilaksanakan pada setiap hari Kamis, Pendidikan Agama Kristen (PAK) Anak, Kursus Bahasa Inggris untuk anak-anak, Ibadah PA Pemuda/i, Pembelajaran untuk para calon sintua dan visitasi atau kunjungan ke rumah-rumah warga jemaat. 


Disamping itu, beberapa kendala atau hambatan yang dihadapi dalam proses penginjilan yaitu kekhawatiran dan rasa takut dari masyarakat atas izin ibadah Minggu dan ibadah di rumah-rumah jemaat karena sebelumnya ada dua denominasi gereja yang mencoba membuka pos pelayanan di daerah Cikajang namun tidak berhasil karena Ketua RT sering kali menegur dan tidak memperbolehkan adanya ibadah Kristen di tengah-tengah lingkungan mereka. Selain itu ada stigma buruk terhadap orang Batak atas pekerjaannya di bidang koperasi yang selalu dianggap pelaku riba juga membuat orang Batak tidak disukai di daerah Cikajang, Garut. 


Perkembangan Pos Pelayanan HKBP Cikajang-Garut ini semakin menunjukkan kemajuan sehingga pada 10 Desember 2023, dilaksanakanlah pelantikan Panitia Pembangunan Pos Pelayanan HKBP Cikajang-Garut oleh Pdt. Leonard Sigalingging dan setelah melalui beberapa kali koordinasi dengan Komandan Brigif, Komandan Batalyon, Praeses HKBP Distrik XVIII Jabartengdiy dan juga Pendeta HKBP Resort Tasikmalaya, pada tanggal 28 Desember 2023, dilaksanakanlah peletakan batu pertama di Yonif 303. Pembangunan berjalan selama delapan bulan lamanya dengan berbagai tantangan khususnya mengenai dana yang kurang untuk membangun gedung gereja, di mana pada saat peletakan batu pertama, Pospel Cikajang-Garut hanya memiliki saldo sebesar Rp587.000 yaitu sisa dari Perayaan Natal yang dialihkan menjadi uang pembangunan, sehingga Cal. Pdt. Bokee Sinaga harus berjalan ke rumah-rumah orang Batak di Garut dan di luar Garut untuk mencari dana melalui proposal yang sudah dipersiapkan. 


Melalui penuturan Cal. Pdt. Bokee Sinaga, selain melalui proposal yang dijalankan, ada juga talangan dana yang diterima untuk membantu proses pembangunan gereja, antara lain dari St. Munthe sebesar Rp 100 Juta, Ny. R. Sinaga br. Sihombing sebesar Rp50 Juta, Cal. Pdt. Bokee Michael Sinaga sebesar Rp 15 Juta dan dari Pospel Jabartengdiy sebesar Rp 30 Juta. Kemudian, berkat Tuhan tidak henti-hentinya mengalir untuk menopang pembangunan gedung gereja HKBP Nommensen Cikajang Garut, pada bulan Agustus 2024, Kepala Departemen Marturia, Bapak Pdt. Daniel T.A. Harahap, M.Th. mengadakan kunjungan ke Cikajang dan diadakan penggalangan dana bersama dengan Tim Pos Pelayanan dan Punguan Lansia HKBP Bandung dan terkumpul dana sebesar Rp 110 Juta. Selain itu ada juga dana pembangunan yang didapatkan dari kunjungan jemaat ke HKBP Tasikmalaya dan semua Punguan Batak se-Kabupaten Garut.


Akhirnya pada hari Minggu 22 September 2024, di Minggu ke XVII Setelah Trinitatis, Pos Pelayanan HKBP Cikajang-Garut diresmikan menjadi jemaat penuh/huria na gok sebagai jemaat filial dari HKBP Resort Tasikmalaya, oleh Kepala Departemen Koinonia HKBP, Pdt. Dr. Deonal Sinaga menjadi HKBP Nommensen Cikajang Garut, Resort Tasikmalaya, Distrik XVIII Jabartengdiy. Ibadah peresmian huria ini dipimpin oleh Pendeta HKBP Resort Tasikmalaya, Pdt. Leonard Sigalingging, S.Th., sebagai liturgis dan khotbah dilayankan oleh Kepala Departemen Koinonia HKBP, Pdt. Dr. Deonal Sinaga. Sebelum Ibadah Minggu dimulai, acara terlebih dahulu diawali dengan penandatangan prasasti oleh Komandan Batalyon (Letkol Inf. Angga Anugerah, SH., M.IP.), Ketua Pos Pelayanan (Ny. Duma Sibarani br. Hutapea), Ketua Panitia (Raden Junaidi Sinambela), Tokoh/Jemaat (Darius Simanjuntak), Pimpinan Jemaat HKBP Nommensen Cikajang-Garut (Cal. Pdt. Bokee Michael Sinaga, S.Th.), Pendeta HKBP Resort Tasikmalaya (Pdt. Leonard Sigalingging, S.Th.), Praeses HKBP Distrik XVIII Jabartengdiy (Pdt. Pahala Sitorus, S.Th.) dan Kepala Departemen Koinonia HKBP (Pdt. Dr. Deonal Sinaga). Acara kemudian dilanjutkan dengan ibadah di gereja yang dihadiri sebanyak 738 orang yang mengisi penuh gedung gereja dan halaman gereja. Ibadah peresmian berjalan baik dan penuh sukacita. Seluruh rangkaian acara berjalan dengan baik penuh sukacita dari awal hingga akhir.


HKBP Nommensen Cikajang Garut memiliki anggota jemaat sebanyak 64 KK atau sekitar 129 jiwa yang 41 diantaranya merupakan Anak Sekolah Minggu yang dilayani oleh 2 orang Guru Sekolah Minggu. Pelayanan Cal. Pdt. Bokee Michael Sinaga di gereja ini juga dibantu oleh 2 orang sintua. (DK-JDS)

Pustaka Digital