Dep. Koinonia - Biro SMIRNA HKBP Memberdayakan Guru Sekolah Minggu HKBP Distrik XXIV Tanah Jawa Regional A


 

Senin, (17/05/2021), HKBP Distrik XXIV Tanah Jawa mengadakan pemberdayaan kepada guru-guru sekolah minggu yang terbagi menjadi dua regional. Pemberdayaan untuk regional A bertempat di HKBP Ressort Muara Mulia yang terletak di Desa Muara Mulia, Kec. Tanah Jawa, Kab. Simalungun. Adapun yang menjadi pembicara dalam pemberdayaan guru sekolah minggu Regional A ialah Praeses Distrik XXIV Tanah Jawa Pdt. Gading Simamora, M.Th, Ibu Tamara Sihite yang bekerja di RM Anak dan Remaja BPK Gunung Mulia, Jakarta (zoom meeting) dan Tim Biro SMiRNa yang dihadiri oleh Pdt. Toho Sinaga, S.Th., M.I.Kom (Ka. Biro SMiRNa HKBP), Pdt. Kadir Manullang, S.Th (Ka. Bag. Sekolah Minggu), Pdt. Togu Nababan, S.Th, dan Cal. Pdt. Monang Sagala, S.Th.


Acara ibadah pembuka dalam kegiatan ini masuk pada pukul 09.00 WIB, Pdt. Noalser Purba, S.Th memimpin ibadah dalam kegiatan ini. Dalam renungan singkat yang disampaikan oleh Pdt. Noalser, beliau mengajak para peserta agar lebih mengenali tugas sebagai guru-guru sekolah minggu yang mengajarkan kepada anak-anak kabar sukacita, karena sejak dari masa anak-anak harus memiliki dasar yang kuat dalam iman, mengenalkan dan menceritakan Tuhan kepada anak-anak, karena itulah tugas seorang guru sekolah minggu. Oleh karena itu, guru-guru sekolah minggu memiliki tanggung jawab dalam pertumbuhan iman anak-anak sekolah minggu.


Setelah ibadah pembuka, kegiatan pemberdayaan dilangsungkan mulai dari sesi pertama oleh Pdt. Gading Simamora, M.Th tentang “Sejarah Sekolah Minggu”, sesi kedua oleh Ibu Tamara Sihite yang berlangsung secara virtual tentang “Kreatif Mengajar Sekolah Minggu” dan sesi ketiga oleh Pdt. Toho Sinaga tentangTugas dan Panggilan Guru Sekolah Minggu, Tehnik Mengajar Sekolah Minggu, dan Penjelasan Liturgi Sekolah Minggu HKBP, dan Pdt. Kadir tentang “Metode Mengajar Praktis Anak Sekolah Minggu”.


Kegiatan Pemberdayaan Guru Sekolah Minggu Regional A dihadiri oleh 6 Ressort yaitu HKBP Ress. Tanah Jawa, HKBP Ress. Balimbingan, HKBP Ress. Muara Mulia, HKBP Ress. Jawa Tongah, HKBP Ress. Sampuran Nauli dan HKBP Ress. Pasir Mandoge. Peserta yang hadir dalam mengikuti pemberdayaan tersebut sebanyak 105 orang yang terdiri dari remaja, sintua dan naposobulung. Para peserta sangat antusias dan semangat dalam mengikuti setiap sesi, mereka juga puas dengan lagu-lagu baru yang diajarkan oleh Tim Biro SmiRNa HKBP. (DXXIV- MLT, KBS-MS)