Jubileum 100th HKBP Salang Baru Resort Kutacane

KUTACANE, hkbp.or.id - Sekretaris Jenderal HKBP, Pdt. Victor Tinambunan mengunjungi Jemaat HKBP Salang Baru Resort Kutacane, Distrik Tanah Alas dalam rangka Ibadah Minggu dan Perayaan Jubileum 100th jemaat tersebut (7/7/2024).

Ibadah Minggu dilayani oleh Pdt. Gunawan Panjaitan selaku Praeses HKBP Distrik Tanah Alas dan Pdt. Romson Sihombing selaku Pendeta HKBP Resort Kutacane sebagai Liturgis.




Pdt. Daniel P.O.R. Simatupang selaku Pimpinan Jemaat HKBP Salang Baru bertugas sebagai pembaca Warta Jemaat.


Khotbah yang disampaikan Pdt. Victor Tinambunan berdasar kepada Kitab Mazmur 48: 1-15.

Alkitab mencatat perjalanan kehidupan bangsa Israel menghadapi berulang kali tantangan bahkan sampai kehancuran yang membuat mereka sampai harus terbuang. Namun tidak hanya sampai di situ, Allah selalu hadir menyertai bangsa-Nya dalam segala pengalaman kehidupan dan memulihkan bangsa Israel.


Pengalaman hidup bersama Allah yang mereka saksikan sendiri itulah yang mendorong penulis Kitab Mazmur menyaksikan bahwa Allah benteng yang teguh.

Bukan hanya sebagai kesaksian pribadi tetapi juga sampai kepada kesaksian komunal mulai dari keluarga sampai seluruh bangsa dan seluruh ciptaan (ay. 12-14) bahwa Allah adalah benteng yang teguh.

Demikian juga sampai ke Jemaat Salang Baru yang sudah berusia 100th. Inilah kesaksian kita bersama bahwa Allah adalah benteng yang teguh dan tempat perlindungan.

"Begitu banyak pengalaman naik turun kehidupan selama 100th jemaat ini, pujilah Allah benteng yang teguh yang telah melindungi dan menjaga kita sejak dahulu sampai saat ini," ungkap Pdt. Tinambunan.

Dalam khotbahnya, Pdt. Tinambunan bersyukur kepada Tuhan karena Jemaat HKBP Salang Baru memberikan perhatian khusus kepada warga jemaat generasi muda dengan melaksanakan program pelatihan musik dan berbahasa Inggris.

"Terpujilah Tuhan karena program yang kita laksanakan bagi pemuda gereja adalah bukti bahwa kita mensyukuri penyertaan Tuhan kepada kita saat ini dan pada generasi penerus gereja sampai masa yang akan datang," tutup Pdt. Tinambunan.


Untuk memperingati Jubileum 100th, Jemaat HKBP Salang Baru membuat taman di komplek gereja sebagai tempat berkumpul dan menambah keindahan komplek gereja.

(SKS-NS)


Pustaka Digital